Mahasiswa Ilmu Politik Juara Karya Tulis Nasional

UNAIR NEWS – Dua mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil meraih juara I dalam Lomba Kreatifitas Karya Tulis Ilmiah (OSCAR) dalam rangkaian acara Silaturahmi Nasional Himpunan Nasional Mahasiswa PPKN Indonesia tahun 2017, yang berlangsung pada 2 sampai 6 Oktober 2017 di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Padang, Sumatra Barat. Lomba tersebut mengakat tema “Eksistensi Pancasila di Era Global”.

Keduanya, yaitu yakni Dimas Lazuardy Firdauz (2014) dan Dian Dwi Jayanto (2014) berhasil menarik perhatian dewan juri dengan pemaparan hasil karya berjudul “Koeksistensi Pancasila & Era Global Sebagai Wujud Ideologi Terbuka Terhadap Perkembangan Zaman”. Hal tersebut ditandai dengan apresiasi dewan juri terhadap mereka saat menjelaskan ide konsep ko-eksistensi Pancasila dalam pergulatannya dengan fenomena-fenomena Politik identitas kontemporer yang terjadi belakangan ini. Seperti, kejadian maraknya gerakan agama “kanan” dan muncul kembali kontroversi terkait PKI.

“Harusnya, pemerintah tidak menggunakan cara overnasionalisme dalam merespon berbagai pergulatan politik identitas, baik kiri maupun kanan. Termasuk memproduksi ulang identitas komunisme untuk menciptakan ketakutan di masyarakarat, demi meneguhkan nasionalisme”, jelas Dian Dwi Jayanto dalam presentasi.

Rekan setimnya, Dimas Lazuardy, mengungkapkan kesannya terhadap kemenangan lomba tersebut. “Sejak sebelum lomba, sebenarnya kami lebih fokus mencari dana dari kampus buat biaya transport. Alhamdulillah, bisa diberi kemenangan,” kenangnya sambil terkekeh setengah bercanda.

Rangkaian acara Silaturahmi Nasional (SILATNAS) ini sebelumnya dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Labtas, dilanjutkan dengan seminar Internasional ICCE 2017 di Aula Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Di samping itu, banyak agenda lain yang dilaksanakan. (*)

Penulis: Tim Ilmu Politik UNAIR