Peresmian Toko Buku AUP
Wakil Rektor III UNAIR Prof. Amin saat meninjau peresmian Toko Buku AUP. (Foto: Helmy Rafsanjani)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Wakil Rektor III Universitas Airlangga Prof. Amin Alamsjah, Ph.D., secara resmi membuka Toko Buku Airlangga University Press (AUP) Senin malam (2/10). Peresmian toko buku itu bersamaan dengan Pra Mukernas Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI).

Toko buku yang terletak di AUP Kampus C UNAIR ini menyediakan ribuan judul buku terbitan AUP maupun penerbit perguruan tinggi lain di Indonesia. Sebagian besar memang, buku-buku yang tersedia bergenre kedokteran. Bahkan, beberapa buku kedokteran terbitan AUP dilakukan cetak ulang karena ramainya peminat.

“Karena di kedokteran tidak banyak dokter yang bikin buku, lebih banyak buku asing. Ketika dokter sini (UNAIR, -red) nulis buku, jadi sangat laris, laku besar,” ujar Ketua AUP Drs. Aribowo, M.S.

Selain buku bergenre kedokteran, genre lain meliputi kedokteran hewan, farmasi, kedokteran gigi, ekonomi, hukum, juga sosial budaya. Aribowo mengatakan, ribuan judul buku itu tersedia sejak sejak terbitan tahun 1972. Pengunjung dapat melihat katalog buku di laman AUP.

Usai diresmikan, Toko buku AUP akan beroperasi setiap Senin-Jumat mulai pukul 08.00-18.00. Ada keinginan Aribowo untuk juga membuka toko buku hingga malam hari dan melengkapinya dengan fasilitas kafe. Namun hal itu belum bisa terealisasi karena membutuhkan usaha dan dukungan yang cukup besar.

“Kita punya keinginan sampai malam, ada kafe, semacam perpus dilengkapi kafe. Bisa baca sambil minum kopi. Tapi untuk merealisasikan itu butuh effort besar,” ujarnya.

Aribowo berharap, toko buku AUP ini dapat menjadi distributor buku secara maksimal. Tujuannya, agar sebagian besar sivitas akademika UNAIR bisa mengambil buku di AUP, termasuk buku-buku dari luar UNAIR yang bekerja sama dengan AUP.

Sementara itu, usai peresmian toko buku Amin berharap, AUP bisa lebih baik lagi dalam memproduksi buku-buku. Baik dalam segi distribusi buku, kualitas buku, maupun harga buku.

“Mudah-mudahan bisa lebih bagus lagi dalam hal produksi buku dari UNAIR, distribusi buku-buku dari rekanan yang dimiliki AUP, juga kualitas lebih bagus. Baik dari segi harga maupun dari segi konten buku yang dicetak,” terang Amin.

Kepada Aribowo Amin mengusulkan, AUP dapat membantu angka kredit (KUM) untuk pengurusan guru besar yang salah satu indikatornya adalah menerbitkan buku. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh

Editor   : Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone