Memupuk Persaudaraan Antar Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan olahraga air dari UKM Aquatic

UNAIR NEWS – Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa, khususnya di divisi olahraga, pasti bakal membuat fisik atau badan menjadi sehat. Jiwa menjadi segar dan penuh semangat.

UKM memberikan saluran bagi para mahasiswa untuk berekspresi sesuai minat dan bakat. Bahkan, sampai yang bersangkutan meraih prestasi tertinggi dan ranah profesional. UKM ikut pula membina para atlet yang akan mengikuti perlombaan atau kompetisi.

Yang tak kalah menarik, UKM juga berpartisipasi memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan antar mahasiswa. “UKM mencerminkan sebuah keluarga yang membuat para mahasiswa nyaman,” kata Erri Lukman, kepala divisi olahraga, yang juga anggota UKM Bridge.

UKM membuat jaringan yang dimiliki mahasiswa lebih luas cakupannya. Tanpa memandang asal fakultas, jurusan, dan  latar belakang lainnya. Tak hanya menguatkan jaringan antar mahasiswa di internal kampus, namun juga dengan kampus lain.

Tiap UKM selalu memiliki hubungan dengan UKM serupa dari kampus lain. Kadang, antar UKM berbeda kampus itu melaksanakan sparing, pertandingan eksibisi atau event bersama. “Kami juga biasa saling berkunjung ke kampus lain,” ujar mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan itu.

Kebersamaan dalam UKM unik. Sebab, para anggota disatukan oleh kesamaan minat, bakat, dan hobi. Bukan terikat akan kepentingan-kepentingan material. Jadi, kekokohan persahabatan dan keluwesan komunikasi menjadi lebih terjaga.

UKM membuat seseorang sehat dari segi fisik. Juga, brilian dari segi mental. Bila tubuh sehat, pikiran dan mental menjadi segar untuk belajar. Semangat dalam menempuh perkuliahan pun semakin terkerek naik. Dengan demikian, UKM berkontribusi kongkret dalam peningkatan mutu mahasiswa dari aspek akademik mapun non akademik.

Selama ini, UKM berada di bawah Direktorat Kemahasiswaan. Pihak direktorat terus melakukan pendampingan dari aspek pengelolaan organisasi, keuangan, hingga pengadaan barang kebutuhan. Perhatian dari pihak kampus membuat mahasiswa lebih mudah dalam berkegiatan.

Apalagi, prestasi di UKM juga ikut mengharumkan nama kampus. Juga dapat mendongkrak perankingan universitas di level nasional bahkan internasional.

Berita Terkait

Rio F. Rachman

Rio F. Rachman

Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai "Menyikapi Perang Informasi", kumpulan puisi "Balada Pencatat Kitab", dan kumpulan cerita pendek "Merantau". Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.

Leave Reply

Close Menu