Totalitas Ni Kadek Dwi Kristiani ’Berbuah’ Prestasi Wisudawan Terbaik

UNAIR NEWS – Ni Kadek Dwi Kristiani, membuktikan totalitasnya selama kuliah di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Pengalaman akademiknya diwarnai aktivitas yang menyenangkan dan penuh prestasi. Puncaknya, perempuan kelahiran Denpasar 22 tahun silam ini menyandang gelar sebagai wisudawan terbaik S-1 pada wisuda September 2017 ini.

”Saya nggak pernah nyangka kalau akhirnya jadi lulusan terbaik. Intinya, harus ada keyakinan dalam diri bahwa apapun bisa terjadi, bahkan hal yang awalnya tak mungkin sekali pun, karena keajaiban itu pasti ada,” tutur Kadek, sapaan akrabnya.

Di awal kuliah, ia bertekad secara total untuk serius. Lalu sering mengikuti berbagai kegiatan tingkat fakultas hingga level internasional. Duta Fakultas Keperawatan tahun 2016 ini pernah iseng mengirimkan abstrak ke The 2nd Asian Congress in Nursing Education di Taiwan tahun 2016. Tak disangka, abstraknya lolos dan mereka mengikuti konferensi di National Cheng Kung University di Taiwan. Selain konferensi, pengalaman atmosfer internasional lain yang pernah Kadek dapatkan adalah pertukaran mahasiswa ke Universitas Naresuan di Thailand tahun 2016. Pasca konferensi, ia kembali mengikuti dua lomba karya tulis ilmiah, dan keduanya berhasil meraih juara II di kompetisi berbeda.

Apa motivasinya untuk terus berprestasi? “Aku ingat banget, dulu akhir semester IV masih nggak pede (percaya diri) waktu diumumkan jadi peringkat pertama paralel. Aku ngerasa itu titik balik dan motivasiku muncul untuk terus berprestasi membanggakan orang tua, keluarga, dan almamater,” cerita anggota UKM Hindu Dharma UNAIR itu.

Pada penelitian skripsinya, ia membahas kejadian pneumonia yang menjangkiti anak-anak. Kadek mengatakan, semakin baik pengetahuan tentang pencegahan pneumonia yang dimiliki ibu, semakin baik pula perilaku pencegahan pneumonia yang dilakukan oleh ibu terhadap anaknya. (*)

Penulis: Defrina Sukma S

Editor: Binti Q. Masruroh