Webometrics
Suasana Pelatihan Strategi Peningkatan Webometric Universitas Airlangga (Foto: Alifian Sukma)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS –  Universitas Airlangga melalui Senat Akademik mengadakan “Workshop Strategi Peningkatan Webometrics UNAIR” yang dilaksanakan di Aula Kahuripan 301, Gedung Manajemen Kampus C, Universitas Airlangga, 6 – 7 September 2017. Senat Akademik mengundang beberapa pembicara dengan harapan mampu memberikan arahan dan meningkatkan kompetensi para Tenaga Kependidikan (Tendik) UNAIR dalam menulis dan publikasi.

Materi yang diajarkan mulai dari cara membuat sebuah tulisan yang baik dan menarik, membuat sebuah blog pribadi, cara mempublikasikan tulisan dalam blog tersebut , dan bagaimana menyebarkan tulisan tersebut melalui media sosial.

Antusias terlihat dari para peserta saat melakukan sesi tanya-jawab, mulai dari beberapa tendik yang ingin mengetahui lebih lanjut teknis dalam melakukan penulisan yang baik dan menarik, hingga cara memunculkan ide untuk membuat sebuah tulisan. Selain menulis, tendik diharapkan juga dapat mempublish tulisan yang dibuat dalam blog pribadi yang menggunakan domain luar maupun blog internal unair.ac.id.

“Pelatihan selama 2 hari ini sangat membantu, mulai dari bagaimana cara membuat blog sampai akhirnya saya memiliki blog pribadi, hingga bagaimana kami selaku tendik membantu UNAIR dalam mencapai 500 WCU melalui peningkatan webometrics,” ucap Sefya Hayu, peserta dari USI FK UNAIR.

Dari pihak panitia, tendik juga mendorong  untuk mulai menulis dan memperbarui blog masing-masing dengan tulisan yang menarik. Hal ini dikarenakan pada tanggal 19 September 2017, Senat Akademik selaku panitia akan melakukan penilaian terhadap blog peserta workshop dan memberikan penghargaan bagi tendik dengan blog yang memiliki konten menarik dan up to date.

“Dengan adanya pelatihan selama 2 hari ini, harapan kami adalah ingin meningkatkan kesadaran para tendik, bahwa sebagai tendik juga memiliki peran meningkatkan ranking webometrics UNAIR dengan melakukan publikasi di blog pribadi dan menyebar luaskan tulisan yang telah disisipkan backlink UNAIR di media sosial,” ujar Arfan Yusroni selaku Panitia Workshop.(*)

Penulis : Alifian Sukma

Editor   : Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone