Enam dari Sebelas Tim PKM UNAIR Presentasi di Hari Pertama PIMNAS
PENAMPILAN Tim PKMGT “Volcano Dome” ketika presentasi di hadapan dewan juri dan peserta PIMNAS. (Foto: Bambang Bes)

Enam dari Sebelas Tim PKM UNAIR Presentasi di Hari Pertama PIMNAS

UNAIR NEWS – Enam dari sebelas tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Universitas Airlangga sudah melakukan penilaian presentasi pada hari pertama, Kamis (24/8), di arena PIMNAS Ke-30/201  yang diselenggarakan di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan. Sehingga lima tim PKM yang belum presentasi, dipastikan akan melakukannya Jumat (25/8) ini.

Keenam tim PKM yang sudah melakukan presentasi tersebut adalah PKMGT (Gagasan Tertulis) “Volcano Dome: Konsep Rumah Dengan Kubah Pelindung dan Hidrolik di Kawasan Pegunungan Sebagai Solusi untuk Meminimalisasi Kerusakan Saat Erupsi Gunung Berapi”. Kemudian PKMKC (Karsa Cipta) dengan judul “I-Humble (Innovation Heart Monitoring Portable Device) dengan Filter Digital Sebagai Deteksi dan Monitoring Penyakit Angina Pektoris”.

Tiga tim PKMM (Pengabdian Masyarakat) bahkan sudah tampil semuanya. Ketiganya adalah “ACAR (Aquascape Care) Sebagai Sarana Peningkatan Kreativitas dan Komunikasi Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Negeri Banyuwangi”. Kemudian PKMM “Dakwah Sehat: Pembinaan Tanggap Kesehatan Berbasis Safaat (Santri, First-Aid, Al-Waqayitu Wataziia) di Yayasan Pondok Pesantren Tahfidul Quran (YPPTQ) Sunan Giri Surabaya”.

Satu PKMM lagi adalah “BILQIS (Bio Liquid Smoke): Pemanfaatan Asap Cair Dari Kulit Siwalan Sebagai Pengawet Ikan Dalam Upaya Menciptakan Peluang Usaha Baru Masyarakat Dusun Ngareng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban”.

Tetapi dari tiga PKM-PE (Penelitian Eksakta) baru satu yang tampil presentasi. PKM tersebut bertajuk “Pengembangan Reservoir Patch Transderma Dexorubicin dengan Pembawa Polyvinil Alcohol dan Ethil Cellulose Sebagai Solusi Kemoterapi Kanker Payudara yang Mutakhir dan Nyaman.”

Pada Kamis malam di hotel langsung dilakukan evaluasi dari para PKM yang sudah presentasi, yang informasi dan inputnya untuk dimanfaatkan bagi tim PKM yang belum presertasi. Hal itu dilakukan sekaligus berlatih sebelum tampil presentasi esok harinya. Evaluasi dan letihan ini dipimpin oleh Ketua Kontingen PIMNAS UNAIR, Agus Widyantoro, SH., MH., didampingi para Tim Pembina Kemahasiswaan (TPK). Bahkan Direktur Kemahasiswaan UNAIR Dr. M. Hadi Shubhan, SH., MH., CN juga ikut menunggui hingga selesai.

“Mohon doa dan restunya dari sivitas UNAIR untuk tim PKM UNAIR memperoleh hasil yang terbaik,” kata tim TPK Dr. Bambang Purwanto, dr., MS memohon. (*)

Penulis: Bambang Bes

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).
Close Menu