Rektor UNAIR M. Nasih (kiri) menjajal lomba sepeda lambat dengan Wakil Rektor II M. Madyan
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia dilangsungkan dengan khidmat sekaligus semarak di Universitas Airlangga (UNAIR) Kamis, 17 Agustus 2017. Seperti biasa, rangkaian kegiatan diawali dengan upacara bendera yang diikuti sivitas akademika.

Kemudian, dilanjutkan dengan beragam perlombaan yang diikuti sivitas akademika UNAIR, yakni, staf, dosen, dan seluruh mahasiswa bagi dari dalam maupun luar negeri.

Dalam amanatnya, Rektor UNAIR Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, MT., SE., Ak, CMA., berpesan agar semua peserta upacara terus berupaya meningkatkan kualitas diri. Khususnya, di bidang pendidikan. Dengan kemampuan yang terus diasah, sumbangsih pada masyarakat pun bisa maksimal.

“Mari kita isi kemerdekaan dengan terus memberi manfaat bagi sekitar,” ungkap lelaki kelahiran Gresik tersebut.

Dia juga menuturkan, pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, harus dilakukan secara kontinyu dan berkualitas. Sebab, amalan tersebut adalah kewajiban bagi setiap kampus. Di sisi lain, mengisi kemerdekaan bisa dengan bersyukur dan menjadikan perjuangan para pahlawan sebagai inspirasi untuk berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari.

Nasih juga menuturkan, pada tahun ini UNAIR memeringati pula Dies Natalis ke-63. Yang tepatnya jatuh pada 10 November 2017 mendatang. Dia berharap, momentum Dies Natalis ini bisa menjadikan para sivitas akademika lebih bersemangat dalam berkarya atau bekerja demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Muaranya, UNAIR dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. Juga, dapat berbicara banyak di level dunia, demi perkembangan ilmu pengetahuan.

Setelah upacara, dilaksanakan lomba-lomba yang beraneka rupa. Gelak tawa mewarnai tiap lomba yang dilaksanakan. Lomba yang dimaksud antara lain, Parikan, Yel-Yel, Karaoke Bahasa Jawa, Sepeda Lambat, dan Make-Up.

Sedangkan khusus mahasiswa asing, diadakan pula sejumlah lomba oleh Airlangga Global Engagement. Lomba bagi mahasiswa asing itu antara lain adalah terompah raksasa, makan krupuk, dan memasukkan paku dalam botol.

Prof. Anwar Ma’ruf, wakil direktur Sekolah Pascasarjana mengaku senang mengikuti event ini. Sebab, ajang ini juga menjadi sarana kumpul-kumpul bagi sivitas akademika. Yang belum saling kenal, bisa kenalan. Yang sudah saling kenal, bisa makin mengakrabkan diri.

“Silaturahmi bisa dilaksanakan melalui kegiatan semacam ini,” papar Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan ini. (*)

Penulis: Rio F. Rachman

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone