jurnalistik
Eben Haezer, wisudawan terbaik S-2 FISIP UNAIR. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Bermodal tekad dan nekat. Itulah langkah awal Eben Haezer saat memutuskan kuliah S-2 di FISIP UNAIR. Pasalnya, saat itu ia kekurangan dana untuk membiayai kuliah dan kehidupan sehari-hari.

“Mendaftar kuliah S-2 itu jadi salah satu keputusan terbesar yang saya buat. Karena saat itu tabungan saya tidak mencukupi untuk membayar biaya pendaftaran,” kenangnya.

Langkah Eben tidak berhenti. Ia kemudian mengajukan pinjaan ke koperasi untuk menutup biaya pendaftaran. Dari hasil pinjaman ditambah sisa tabungan dan tambahan penjualan printer, akhirnya cukup untuk membayar pendaftaran. Setelah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa S-2 Media dan Komunikasi, upaya Eben adalah mendaftar beasiswa LPDP.

“Tak disangka, selain mendapat beberapa proyek, saya juga lolos seleksi penerima beasiswa LPDP,” terangnya.

Selama masa studi, Eben juga menjadi seorang jurnalis di salah satu media di Surabaya serta aktif di organisasi profesi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Surabaya.

“Saya juga aktif di luar kampus dengan menjadi jurnalis serta dipercaya sebagai sekretaris di organisasi AJI Kota Surabaya,” jelas Eben yang juga suka travelling ini.

Eben juga berhasil menyabet beberapa penghargaan di bidang jurnalistik. Diantaranya, juara III Journalist Competition kategori tulis di ajang Indonesia IT 2013, juara III Karya Jurnalistik Petrokimia Media Awards 2013, dan juara III Kompetisi Blog AirAsia Indonesia tahun 2014.

“Selain pernah menjuarai ajang lomba, saya juga aktif sebagai pemateri dan pembicara dalam beberapa acara jurnalistik,” terangnya.

Meski menjalani kuliah dengan berbagai kesibukan dan kompetisi, Eben tidak melupakan kewajiban studinya. Akhirnya studinya diselesaikan dalam 2 tahun dengan nilai IPK 3,77.

“Asal semua itu dijalani dengan memiliki visi, konsisten dengan visinya, siap lelah, berani menjadi yang pertama, dan tidak meremehkan diri sendiri,” pesan Eben. (*)

Penulis : Akhad Janni

Editor : Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone