Mahasiswa Baru Berikrar Setia pada Pancasila

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
amerta
Salah satu mahasiswa baru melontarkan pendapatnya tentang fenomena kebangsaan. (Foto: Defrina Sukma S)

UNAIR NEWS – Kawasan kampus C Universitas Airlangga dipenuhi dengan para mahasiswa berbusana kasual putih dengan bawahan hitam. Sambil mengenakan topi biru kuning berlambang garuda muka, mereka secara berkelompok mengikuti rangkaian kegiatan Angkatan Muda Ksatria Airlangga (Amerta).

Pada Sabtu (5/8) siang, di bawah terik matahari, mereka berlatih untuk tampil berbicara di hadapan rekan-rekan satu kelompoknya. Masing-masing kelompok diberi satu topik tentang isu-isu terkini. Soal politik, ekonomi, bahkan kesehatan.

Setiap anggota diminta untuk mengutarakan pandangannya. Mereka dikehendaki untuk menyatakan sikap setuju atau menyanggah pandangan antar rekan satu timnya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UNAIR Anang Fajrul bercerita kegiatan AMERTA kali ini selaras dengan tema Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNAIR, “Bhinneka Tunggal Ika”. Mengusung tema tersebut, mahasiswa baru diajak menyelami kondisi kebangsaan di Indonesia.

“Tema Bhinneka Tunggal Ika diilhami dari banyaknya persoalan kebangsaan. Kemarin ketika pengukuhan ada orasi dari BIN (Badan Intelijen Negara), konfigurasi berlambang Pancasila, sekarang ada diskusi kelompok tentang fenomena di Indonesia. Mereka diajak menganalisis dan mempertahankan argumen tentang isu tersebut,” tutur Anang.

Para mahasiswa baru dibagi menjadi 77 kelompok. Setiap kelompok dibimbing fasilitator untuk berdiskusi. “Dalam kondisi seperti sekarang, media hendaknya tidak ikut memberikan opini atau pengaruh-pengaruh kepada publik,” tutur salah seorang mahasiswa baru di hadapan anggota kelompoknya.

“Indonesia akan sukses menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) apabila generasi muda sudah mempersiapkan diri dengan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni,” tandas mahasiswa dari kelompok lain.

Di hari yang sama, pada pagi hari mahasiswa baru diminta membubuhkan telapak tangannya di atas kain yang bergambar lambang Pancasila. Siang hari, usai forum diskusi berlangsung, mereka membacakan kelima sila dan janji mahasiswa.

Rangkaian acara AMERTA dan PPKMB akan ditutup pada Senin (7/8). Pada penutupan acara mendatang, anggota-anggota unit kegiatan mahasiswa UNAIR, dan alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR yang juga musisi, Piyu, akan hadir meramaikan acara.

Sebelumnya, pada Rabu (2/8), Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih mengukuhkan 6.780 mahasiswa baru di Airlangga Convention Center. Mereka terdiri dari 5.634 mahasiswa jenjang S-1, 1.031 mahasiswa jenjang D-3, dan 96 mahasiswa jenjang D-4. Mereka adalah mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri.

Penulis: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu