dosen
Rachmadi Usman, Wisudawan Terbaik S-3 FH UNAIR. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Dosen tetap pada Fakultas Hukum Universitas Lambaung Mangkurat, Banjarmasin ini tercatat sebagai wisudawan terbaik S-3 Fakultas Hukum Universitas Airlangga periode wisuda Juli 2017. Ialah Rachmadi Usman, laki-laki kelahiran Banjarmasi, 14 September 1967 yang lulus dengan perolehan IPK sebesar 3.83.

Menjadi wisudawan terbaik merupakan prestasi yang membanggakan, tak terkecuali bagi Rachmadi. Perolehan predikat ini tidak ia dapat secara tiba-tiba. Pasalnya, selama menjalani studi S-3, tidak sedikit perjuangan yang dilalui Rachmadi. Namun hal itu tidak membuat dirinya menyerah dalam memperdalam studi Ilmu Hukum.

Seperti dosen-dosen pada umumnya, dalam enam tahun terakhir Rachmadi aktif mengikuti simposium nasional, seminar dan lokakarya, konferensi nasional, maupun focus group discusion (FGD).

Sejak 1993 hingga sekarang, Rachmadi tercacat sebagai Dosen tetap UNLAM Banjarmasin. Ia tercatat pernah menjadi Kepala Bidang Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum UNLAM tahun 2006-2010, Pemimpin Lembar Warta FH UNLAM tahun 2006-2010, Ketua Bidang Litigasi Lab. Hukum FH UNLAM tahun 2008-2010, Pembantu Dekan I Bidang Akademik FH UNLAM tahun 2010-2012, Penyunting Lambung Mangkurat Law Journal Program Magister Kenotariatan FH UNLAM, dan masih banyak jabatan lainnya.

Beberapa penghargaan yang diperoleh Rachmadi antara lain mahasiswa berprestasi I FH UNLAM tahun 1990, Dosen Teladan I FH UNLAM tahun 1999, Pemakalah Terbaik I Seminar Program Pengembangan Diri Bidang Ilmu Hukum oleh Dirjen Dikti tahun 2005, Satyalencana Karya Satya X Tahun pada 2011, dan masih banyak prestasi lainnya.

“Berdoa dan bersedekah. Mandiri, tidak putus asa, dan meluangkan waktu setiap hari untuk menulis disertasi. Karena dengan berdoa dan bersedekah, insya Allah akan membantu memperlancar dan memudahkan segala urusan kita,” imbuhnya. (*)

Penulis : Pradita Desyanti

Editor : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).