jejaring
Nurita Dania Anindita wisudawan terbaik S-1 Perikanan dan Kelautan. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Pada awalnya, Nurita Dania Anindita tidak begitu tertarik dengan biologi. Akan tetapi takdir berkata lain. Ia justru menempuh studi pada program studi S-1 Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Hal inilah yang menjadi tantangan dalam menyelesaikan perkuliahan untuk bisa memberikan yang maksimal.

Perempuan yang pernah mengikuti program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth (JENESYS) berhasil membuktikan berprestasi di bidang akademis. Ia berhasil lulus dengan predikat sebagai wisudawan terbaik dengan IPK 3,85.

Dalam skripsinya, Dania membahas tentang “Pengaruh Penambahan Kappa-Karagenan terhadap Kandungan Minyak pada Battered-Fried Fish Fillet”. Ia meneliti tentang salah satu manfaat dari produk turunan rumput laut, yaitu Kappa-Karagenan untuk menurunkan kandungan lemak pada produk hasil penggorengan.

Dania menjelaskan, masyarakat Indonesia sangat akrab dan menyukai produk gorengan, namun produk tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi sehinggga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Hal inilah yang membuat Dania untuk mencoba memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan salah satu produk perikanan.

Di samping rutinitas menjalani perkuliahan, Dania juga mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara UNAIR (PSUA). Terakhir, Dania bersama kawan-kawannya berhasil menjuarai The 3rd International Choir Competition Ave Verum di Baden, Austria, pada 22–25 Juni 2017.

Selain itu, Dania juga memiliki bisnis wirausaha berupa produk perawatan kulit berbahan organik. “Saya memang sudah suka jualan sejak SMP. Ini mungkin sudah turunan dari eyang saya yang suka dagang,” paparnya.

Dalam hidup, ia berprinsip untuk rajin dan tekun belajar. Ia juga rajin berorganisasi dan menjalin jejaring dengan orang lain. Baginya, jejaring di kampus dan luar kampus adalah investasi untuk masa depan. (*)

Penulis : Helmy Rafsanjani

Editor : Defrina Sukma S.

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).