MTQM Nasional
Menristek Dikti Prof. M. Nasir saat memukul bedug pembuka di MTQM Nasional ke-15. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-15 yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya dan Univeritas Negeri Malang, dibuka dengan berbagai gelaran acara yang sangat meriah. Pada pembukaan acara yang dihelat di halaman rektorat UB pada Jumat (28/7), langsung dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. M. Nasir, M.Si, Ak, Ph.D, CA.

Pada sambutannya dihadapan ribuan kafilah dan pendamping MTQMN, Nasir menyatakan bahwa ajang MTQMN tidak hanya menjadi bentuk ajang kompetisi, melainkan momentum untuk mempererat tali silaturahim dan wujud persatuan antara mahasiswa se-Indonesia serta bentuk persatuan bangsa.

“Harapan kami, ajag ini tidak hanya menjadi laga kompetisi dan silaturahmi tapi juga momen utuk menyatukan bangsa,” tegasnya.

Nasir juga menambahkan bahwa dengan MTQMN, mahasiswa diharapkan tidak hanya membaca dan menghafalkan Quran saja, lebih dari itu bagi Nasir upaya untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Quran untuk kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting.

“Ini merupakan bagian dari revolusi mental untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Saya berharap apa yang kita baca dan pelajari dari kitab Alquran ini bisa diwujudkan dalam kehidupan,” paparya.

Mewakili tuan rumah perhelatan akbar dua tahunan tersebut, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS., mengatakan bahwa MTQMN kali ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Tercatat ada 2447 kafilah dari 252 perguruan tinggi turut serta meramaikan acara yang akan berlangsung hingga 4 Agustus mendatang.

“MTQMN kali ini merupakan yang tersbesar sepanjang 15 tahun kegiatan ini berlangsung,” tegasnya.

Sebelum malam pembukaan yang diisi dengan tampilan tarian dari berbagai wilayah di Indonesia serta tampilan dari Opick. Paginya, seluruh kafilah juga mengikuti pawai akbar yang dilakukan dari lapangan Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang hingga lapangan rektorat UB. Dalam ajang tersebut Universitas Airlangga mengirimkan 26 Kafilah yang tersebar di 12 cabang perlombaan.

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone