sejak
Mohammad Syaeful Bahar wisudawan terbaik S-3 FISIP UNAIR. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

WARTA UNAIR – Berangkat dari kehidupan sejak kecil yang berada di lingkungan pesantren, di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Mohammad Syaeful Bahar tidak hanya cerdas dalam ilmu keagamaan, tapi juga mencintai ilmu yang berkaitan tentang sosiologi dan politik.

“Di pesantren ini semangat belajar saya terbentuk, salah satunya adalah belajar tentang sesuatu yang tidak banyak diajarkan di pesantren, seperti sosiologi dan politik,” jelasnya.

Laki-laki kelahiran Bondowoso 49 tahun silam juga bercerita, sejak menjadi santri dia sudah mengagumi beberapa pakar politik dan sosiologi dari Universitas Airlangga.

“UNAIR salah satu kampus yang sejak lama saya idamkan. Nama-nama besar seperti Prof. Tandyo, Prof. Ramlan, dan Prof. Hotman adalah nama-nama besar yang selalu mendorong saya kuliah dan belajar di sini,” terangnya.

Cita-cita tersebut ia wujudkan dengan menempuh studi magister hingga doktoral di UNAIR. Berkat kegigihan yang dilandasi rasa cinta serta riset yang berjudul “Interaksi Antara Kiai dan Beijingan dalam Proses Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) di Bondowoso”, Syaeful dapat menyebet gelar wisudawan terbaik S3 FISIP UNAIR dengan perolehan IPK 3.94.

“Penelitian ini menemukan, paling tidak terdapat empat pola interaksi antara kiai dan bejingan, yaitu kolaboratif, konflik, ko eksistensi dan hegemonik,” jelasnya.

Selama studi S3 di UNAIR, Syaeful juga memiliki beragam kesibukan dan tanggung jawab dibeberapa lembaga seperti menjadi Ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU Bondowoso, Ketua Dewan Pendidikan di Bondowoso, dan Wakil Ketua Dewan Riset Daerah di Bondowoso.

“Semua tanggung jawab tersebut juga membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga menjadi tidak mudah membagi waktu dengan studi S3 yang saya tempuh,” pungkas Syaeful. (*)

Penulis : Akhmad Janni

Editor : Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).