kesehatan gigi dan mulut
SEORANG dokter gigi muda memberikan penjelasan alur input data periksa KIA di Puskesmas Pucangsewu, Senin (24/7). (Foto: Dokumentasi pribadi/Gilang Rasuna SW.)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan profesi dokter gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga meluncurkan sebuah sistem pencatatan berbasis web ANDC-Sys.com. Melalui sistem pencatatan ini, para dokter gigi dapat mengontrol pemeriksaan data kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil.

Pencatatan data berbasis web ini diluncurkan di Puskesmas Pucangsewu. Sistem ini dilatarbelakangi oleh banyak ibu hamil yang tidak tercatat kunjungannya di poli gigi puskesmas setempat.

Beshlina, ketua pelaksana kegiatan bertajuk “Sinkronisasi Data Antenatal Care (ANC) dengan Data Kunjungan Poli Gigi pada Ibu Hamil Berbasis Web ANDC-Sys.com, mengatakan program ini diluncurkan atas ketidaksinkronan data kunjungan ANC dengan data kunjungan bumil pada poli gigi. Akibatnya, kondisi kesehatan gigi dan mulut ibu hamil tidak terpantau maksimal.

Menurut Beshlina, sinkronisasi berbasis web ini dapat meminimalkan risiko ketidaksinkronan data kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil yang berkunjung ke Puskesmas Pucangsewu.

“Pada web ANDC-Sys.com, kita memberikan sebuah alert system berupa highlight pada kolom ANC dan poli gigi apabila ibu hamil belum melakukan kunjungan. Dengan demikian, apabila admin poli puskesmas membaca alert system tersebut, mereka akan selalu mengingatkan ibu hamil untuk datang ke poli ANC dan poli gigi,” tutur Beshlina yang tengah menempuh pendidikan profesi.

Perancangan program ini bekerjasama dengan tim teknologi informasi Puskesmas Pucangsewu. Kedua pihak mengembangkan sistem pada tahap penyusunan konsep alur kerja, perancangan sistem dalam jaringan, dan memasukkan data.

“Sebetulnya apa yang kami buat ini adalah semacam support system (sistem pendukung) yang terintegrasi dengan program lain. Tujuan akhirnya adalah kelahiran bayi yang normal dan sehat,” imbuh Beshlina.

Selain peluncuran program ANDC-Sys.com, ada empat program lain yang berlangsung di Puskesmas Pucangsewu di antaranya Program Pencanangan Suami Siaga Plus, Program Pemberdayaan Bidan Puskesmas terkait Kesehatan Gigi dan Mulut, Pencanangan Kader Asuh Kebersihan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil, dan Perancangan Buku Pintar Kebersihan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil.

“Diharapkan ketika web ANDC-Sys ini nantinya bisa digunakan, kedepan dapat diintegrasikan dengan SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) agar manfaatnya dapat dirasakan pula di Puskesmas lain di seluruh Jawa Timur,” pungkasnya.

Selain itu, para mahasiswa berharap agar program-program yang diusung dalam penyuluhan kali ini dapat diadopsi oleh pihak dinas kesehatan untuk memonitor pelaksanaan program kesehatan gigi dan mulut.

Penulis: Gilang Rasuna SW (Humas FKG)

Editor: Defrina Sukma S

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone