Tracer-Study
Ilustrasi pengisian data Tracer Study. (Foto: Pusat Informasi dan Humas UNAIR)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Para alumnus Universitas Airlangga tahun lulus 2015 dianjurkan segera mengisi data-data yang diperlukan dalam Tracer Study.

Penanggung jawab tracer study Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan UNAIR Lastiko Endi Rahmantyo, M.Hum., mengatakan pengisian data-data tersebut diperuntukkan bagi lulusan tahun 2015 jenjang sarjana, diploma, dan profesi.

“Pengisian tracer study UNAIR ditujukan kepada seluruh alumnus UNAIR tahun 2015 karena berdasarkan penelitian-penelitian tentang tracer study di dunia, ditemukan bahwa periode yang paling tepat untuk mengukur indikator transisi ke dunia kerja serta relevansi pemerolehan kompetensi adalah dua tahun setelah lulus,” tutur Endi.

Tracer study adalah studi mengenai persebaran lulusan yang diselenggarakan perguruan tinggi bersangkutan. Tujuannya, untuk menyediakan informasi tentang aktivitas lulusan pasca kampus serta penyediaan informasi penting mengenai hubungan antara perguruan tinggi dan profesional.

Selain itu, informasi persebaran alumni merupakan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi perguruan tinggi.

Tracer study ditujukan untuk melacak jejak lulusan untuk mengetahui outcome pendidikan seperti masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama, output pendidikan berupa penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, dan evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi,” imbuh Endi.

Menurut dosen Sastra Inggris ini, hasil pengumpulan data persebaran alumni akan membantu perguruan tinggi mengetahui posisi lulusan yang terserap dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai kompetensi yang diperlukan di dunia kerja.

Hasil data persebaran alumni juga akan dilaporkan ke pemerintah untuk memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pembangunan pendidikan di Indonesia.

Endi mengatakan, pengisian data persebaran alumni UNAIR yang beralamat di http://ppkk.unair.ac.id/tracerstudy cukup efektif dan efisien. Pihaknya pun menjamin kerahasiaan data-data yang diisikan alumni.

Salah satu kunci utama keberhasilan pengisian tracer study adalah tingkat partisipasi alumni. Tracer Study UNAIR menggunakan metode sensal yang melibatkan alumni pada satu kohort tertentu, yakni lulusan tahun 2015.

“Merupakan kebanggaan bagi UNAIR jika tingkat partisipasi alumni bisa melebihi angka 50 persen,” pungkas Endi.

Editor: Defrina Sukma S

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone