airlangga cup
Dua atlet UKM PSHT Nanda dan Udin mempertontonkan kehebatannya di hadapan mahasiswa dan wartawan. (Foto: Alifian Sukma)
ShareShare on Facebook124Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Setia Hati Terate (UKM PSHT) Universitas Airlangga akan menyelenggarakan kejuaraan pencak silat “Airlangga Cup V”. Kejuaraan yang akan berlangsung di Gedung Olahraga Basket Kampus C UNAIR akan diadakan pada tanggal 23 sampai 29 Juli 2017.

Ketua panitia Teguh Satrio mengungkapkan, ajang Airlangga Cup V merupakan sarana untuk silaturahmi sekaligus mencari bibit-bibit unggul pencak silat dari seluruh kelompok usia.

“Ini sekaligus program kerja rutin dan menyambut peringatan satu abad SH Terate tahun 2022 dan Dies Natalis UNAIR,” ungkap Teguh.

Kejuaraan Airlangga Cup V bertema “Mencetak Generasi Tangguh Setia Hati Terate Guna Pencapaian Prestasi Tertinggi” terdiri dari dua nomor pertandingan Tanding dan Seni Tunggal Ganda Regu. Keduanya dapat diikuti oleh semua peserta kategori usia dini 9-12 tahun, pra remaja 12-14 tahun, remaja 14-17 tahun, dan dewasa 17-35 tahun.

Kejuaraan Airlangga Cup V yang merupakan kegiatan rutin dua tahunan ini diminati banyak atlet pencak silat dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta kompetisi yang akan memperebutkan piala rektor ini berasal dari Sorong, Palu, Balikpapan, Jambi, dan Makassar.

“Saat ini sudah ada 400 pendaftar. Diperkirakan jumlah pendaftar akan terus bertambah hingga tanggal penutupan pendaftaran pada tanggal 20 Juli 2017 mendatang,” terang Teguh.

Dari aspek penilaian, wasit juri dari Ikatan Pencak Silat Indonesia akan menggunakan digital scoring board. Sistem ini biasa digunakan sistem pada pertandingan pencak silat tingkat nasional dan internasional layaknya Pekan Olahraga Nasional hingga Southeast Asia Games.

Rencananya, Rektor UNAIR dan Gubernur Jawa Timur akan hadir secara langsung untuk membuka kompetisi Airlangga Cup V. Selain itu, Ketua Umum SH Terate Pusat, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Timur, dan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Jawa Timur akan dijadwalkan hadir selama pertandingan berlangsung.

Targetkan emas

Ajang Airlangga Cup V juga diikuti oleh para atlet pencak silat profesional. Buktinya, sebagian besar para atlet profesional yang kerap berlaga di sejumlah kejuaraan mendaftar di Airlangga Cup V. Secara usia, mereka merupakan peserta kategori usia remaja.

Menurut Teguh, ajang Airlangga Cup V merupakan simulasi pertandingan bagi para atlet daerah yang akan bertanding di Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah. “Sehingga ajang ini menjadi sarana tryout bagi para atlet Pusat Pelatihan Daerah yang akan merebutkan Piala Gubernur,” tutur mahasiswa Fakultas Vokasi tahun angkatan 2014.

UKM PSHT juga menerjunkan 30 atlet untuk memperebutkan piala rektor. Targetnya, tim UKM PSHT akan membawa pulang empat medali emas serta menjadi juara umum Airlangga Cup V.

Pada penyelenggaraan Airlangga Cup IV tahun 2015 lalu, tim atlet UKM PSHT juga berhasil meraih juara umum dan membawa pulang piala rektor.

Penulis: Defrina Sukma S

ShareShare on Facebook124Tweet about this on Twitter0Email this to someone