Soto Banjar, Menu Favorit Ketua BEM Fakultas Hukum Saat Idul Fitri

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
soto banjar
Soto Banjar. (Sumber: Negeriku Indonesia)

UNAIR NEWS – Setelah 30 hari menjalankan ibadah puasa, tibalah saatnya para perantau mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Mudik memang menjadi suatu tradisi saat lebaran. Pasalnya, tak sedikit orang-orang yang beraktivitas jauh dari keluarganya. Ada yang beda kota bahkan beda pulau, atau bisa juga beda negara.

Momen berkumpul bersama keluarga inilah yang ditunggu-tunggu oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga Zainur Ramadhany.

Saat berkumpul bersama keluarga, Ketua BEM FH yang akrab disapa Dhany itu mengaku punya menu makanan khusus berupa Soto Banjar yang ia nikmati bersama kerabat-kerabatnya.

Kesukaannya itu bukan tanpa alasan. Dhany mengaku, sang nenek yang asli orang Banjar, Kalimantan piawai dalam memasak soto khas Suku Banjar tersebut. Karena itulah masakan Soto Banjar menjadi menu favorit keluarganya.

“Kebetulan nenek kan orang Banjar, ya, jadi nenek selalu membuat soto banjar. Meskipun Soto Banjar banyak dijual di luar, tapi menurut saya soto buatan nenek yang paling enak dan itu menjadi makanan yang ditunggu-tunggu sama keluarga besar,” kisah Dhany.

Selain soal menu kuliner, Dhany masih memiliki tradisi lempar uang yang dilakukan oleh kerabat keluarganya. Tradisi ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga khususnya sanak saudara yang masih kecil.

“Lempar uang itu momen yang seru bagi keluarga kami. Ada satu orang yang nanti melempar uang ke atas dan yang lain berebut mengambil uang tersebut. Mereka yang masih kecil-kecil itu yang berebut. Sementara, yang besar-besar ikut menambah keseruan dan keramaian,” imbuh mahasiswa angkatan 2014 ini.

Lelaki asal Bangil, Pasuruan, ini bercerita momen bulan Ramadan ini memang sedikit berbeda dari sebelumnya. Dengan menjadi Ketua BEM FH periode 2017, maka kesibukan dan aktivitas Dhany lebih padat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau tahun kemarin kan saya sebagai staf BEM dan tahun ini saya menjadi ketua. Otomatis jadi lebih repot, lebih banyak kegiatan, dan lebih banyak yang diurusin,” ujar Dhany.

Penulis: Pradita Desyanti

Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu