Pelatihan ’Public Speaking’ Mahasiswa PSDKU UNAIR di Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
unair
DIANTARA peserta Pelatihan Public Speaking Mahasiswa PSDKU UNAIR di Banyuwangi sedang praktik di depan kelas. (Foto: Maulida Rachmadiawati)

UNAIR NEWS – Dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat dalam berkomunikasi, Divisi Sport Art Society (SAS) B-PHA UNAIR 2017 mengadakan kegiatan Pelatihan Public Speaking untuk mahasiswa Universitas Airlangga PSDKU (Pusat Studi Diluar Kantor Utama) di Banyuwangi, Jumat (19/5) pekan lalu.

Dijelaskan oleh Jayanti Dian E.S., S.KM., M.Kes., pemateri kegiatan ini, bahwa berkomunikasi disini lebih diarahkan pada kemampuan komunikator dalam menyampaikan pesan pada masyarakat. Apalagi Ilmu Kesehatan Masyarakat sendiri memang mengacu pada aksi promotif dan preventif, sehingga mahasiswa dituntut untuk bisa aktif dan kreatif dalam berkomunkasi untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan.

”Pesan yang disampaikan harus sesuai dan pas, bahasa tubuh yang sesuai, dan intonasi juga harus benar-benar diperhatikan. Pembawaan seseorang dalam berkomunikasi menjadi acuan penting apakah pesan tersebut mampu dipahami masyarakat ataupun tidak. Jadi kuncinya adalah percaya diri,” lanjut Jayanti Dian.

Sementara dijelaskan oleh Dian Santoprayoga, S,KM., M.Kes, kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya agar mahasiswa selalu siap setiap saat berhadapan langsung dengan masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi pemicu agar mahasiswa lebih kreatif lagi.

”Sebab kesehatan masyarakat itu kan seni, yaitu seni untuk mengajak masyarakat melakukan perubahan perilaku. Jadi, agar mudah diterima maka mereka juga harus dilatih mulai dari sekarang saat masih mahasiswa,” kata Dian Santoprayogo, perwakilan prodi Kesehatan Masyarakat di PSDKU UNAIR Banyuwangi. (*)

Penulis: Siti Mufaida

Editor: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu