Tiga Srikandi Airlangga Raih Runner Up di Pulau Dewata

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tiga Srikandi
Tiga Srikandi Airlangga saat mendapat penghargaan usai kompetisi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tiga mahasiswa Universitas Airlangga berhasil meraih posisi dua terbaik dalam ajang Sharia Economic Learning Forum (SELF) XIV, Minggu (21/5). Kompetisi penulisan gagasan ilmiah itu diselenggarakan di Universitas Udayana, Bali.

Ketiga mahasiswa itu adalah Yurike Dhika Adhela (Fakultas Kesehatan Masyarakat/2015), Yuli Puspitasari Devi (FKM/2014), dan Ninik Rosyidah (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/2014).

Dalam kompetisi tersebut, mereka mengusung gagasan tentang pemanfaatan limbah cangkang kerang yang tidak dimanfaatkan dan menjadi sampah. Gagasan tersebut berjudul “Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Daerah (Anadar granosa) sebagai Subtitusi Ransum Ternak berbasis Sociopreneurship dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir Surabaya”.

“Saya melihat peluang di wilayah pesisir Surabaya sangat banyak limbah cangkang kerang yang tidak dimanfaatkan dan menjadi sampah,” terang Ninik.

Tim UNAIR berhasil menjadi juara dua terbaik setelah menyisihkan sembilan finalis dari perguruan tinggi lainnya. “Jujur saja kami sangat senang karena bisa membanggakan keluarga maupun almamater, meskipun pada saat itu belum yakin kalau ternyata bisa mendapat juara,” tambah Ninik.

Kompetisi SELF merupakan ajang lomba karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Kompetisi ini diikuti mahasiswa D-3 dan S-1 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

“Awalnya saya ragu untuk mengikuti kompetisi ini namun dengan dukungan Ninik dan Yuli saya kirimkan saja ide ini dalam kompetisi tersebut,” cetus Yurike.

Penulis: Wahyu Nur Wahid (mahasiswa Ilmu Administrasi Negara)
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu