MoU
Deputi Gubernur Bank Indonesia bersama Wakil Rektor II UNAIR saat melakukan MoU. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Bank Indonesia (BI) kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Airlangga. MoU kali ini merupakan bentuk perpanjangan kerjasama sebelumnya.

Wakil Rektor II Dr. Muhammad Madyan, dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama UNAIR dan BI sebenarnya sudah lama berjalan, khususnya dalam bidang penyusunan kurikulum kebanksentralan.

“Kami telah melakukan kerja sama dalam hal penyusunan kurikulum kebanksentralan sejak tahun 2005. Selanjutnya, kami terus melakukan kolaborasi dan kerja sama seperti menggelar kuliah tamu, riset, magang, dan banyak hal lainya,” terang Madyan.

Senada dengan pernyataan Madyan, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dr. Perry Warjiyo mengatakan bahwa kerjasama yang dilakukan BI dengan UNAIR bukanlah hal yang baru, melainkan sebuah upaya komitmen agar lebih baik ke depannya.

“UNAIR merupakan perguruan tinggi pertama yang menyambut kerjasama dari kami untuk menyusun kurikulum kebanksentralan. Adanya kerja sama ini sebagi bukti bahwa BI pun tidak bisa lepas dari dunia akademik,” tutur Perry.

Perry menambahkan, ada tiga aspek yang ditekankan dalam kerjasama kali ini. Selain pengembangan kurikulum kebanksentralan, kali ini BI juga berkomitmen memberikan bantuan baik sumber daya manusia maupun buku-buku diktat.

“Bantuan yang kami berikan juga berbentuk pendanaan untuk penelitian dan beasiswa yang masuk dalam program sosial riset,” jelasnya.

Selain penandatanganan kerjasama yang dilaksanakan di Aula Fajar Notonegoro, Jumat (19/5), berlangsung pula Kuliah Umum yang mengangkat tema “Perekonomian Indonesia: Prospek dan Bauran Kebijakan”.

Dalam kuliah umum tersebut hadir Dra. Eva Kusuma Sundari, MA. MDE., alumnus UNAIR yang menjadi anggota komisi XI DPR-RI. Eva mengatakan bahwa kiprah BI sebagai bank sentral sangatlah luar biasa, utamanya dalam mengembangkan SDM.

“BI telah berkiprah luar biasa, dari dunia pendidikan hingga sosial kemasyarakatan. Dan hal yang terpenting dari semua itu adalah investasi di bidang SDM,” tegasnya.

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone