Gandeng UNAIR DPD-RI Bakal Perkuat Peran Konstitusional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Seminar
Suasana Seminar Nasional oleh DPD-RI kerjasama dengan UNAIR. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Optimalisasi peran Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) sebagai salah satu lembaga tinggi di republik ini selalu di tunggu rakyat. Namun, beberapa aturan yang tertuang dalam undang-undang dinilai membatasi gerak lembaga tersebut. Untuk itu, DPD-RI menggandeng Universitas Airlangga berupaya menyusun sebuah rumusan untuk mengembalikan fungsi DPD-RI sebagai lembaga yang mempunyai wewenang lebih terhadap kepentingan rakyat. Penyusunan rumusan-rumusan tersebut dikemas dalam sebuah Seminar Nasional yang mengangkat tema “Revitalisasi Kewenangan Konstitusional DPD-RI” pada Senin, (15/5).

Pada acara tersebut hadir mewakili Rektor UNAIR, Prof. Mochammad Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D., selaku Wakil Rektor III. Dalam sambutannya, Amin menyatakan bahwa UNAIR  merasa bangga dengan adanya lembaga tinggi negara seperti DPD yang menjadi simbol keterlibatan politik publik dari berbagai daerah. Oleh karena itu, Amin juga menegaskan bahwa untuk memaksimalkan peran tersebut, fungsi DPD-RI sebagai salah satu lembaga tinggi negara haruslah didukung penuh.

“Fungsi dan peran DPD harus dioptimalkan. Oleh itu, melalui seminar ini diharapkan muncul gagasan positif yang bisa memberikan usulan agar lembaga ini bisa mengoptimalkan perannya,” tegas Amin.

Menanggapi pernyataan Amin, Ketua Kelompok DPD di MPR, Dr. H. Bambang Sadono SH. MH., menyatakan bahwa legitimasi keterwakilan DPD-RI belum dimaksimalkan karena kewenangan yang dimiliki sangat terbatas.

“Untuk itu kami membentuk BPKK yang mampu memiliki kewenangan di DPR-RI. Karena kewenangan itulah bisa kami lakukan untuk memberikan usulan-usulan,” jelasnya.

Bambang juga menambahkan bahwa pentingnya memperkuat fungsi DPD di semua lapis kelembagaan, baik legislasi maupun anggaran. Pasalnya, selama ini DPD hanya bisa mengusulkan tapi tidak memutuskan.

“Inilah ironi kami. Semoga dengan seminar para ahli dan peserta dapat memberikan masukan kepada kami  dan memberikan kepercayaan kepada DPD agar semakin dipercaya oleh masyarakat,” tandasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu