Dubes RI untuk Singapura Kunjungi UNAIR

UNAIR NEWS – Sebagai bentuk dukungan terhadap kerja sama bidang pendidikan antar kedua negara, Kedutaan Besar RI untuk Singapura akan membantu penyelenggaraan konferensi internasional yang akan diselenggarakan oleh sivitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, bulan September 2017.

Dukungan tersebut diutarakan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedubes RI untuk Singapura, Aisyah Endah Palupi, ketika berkunjung ke Ruang Rektor, Rabu (12/4). Pihaknya akan berkoordinasi dengan para akademisi perguruan tinggi di negeri yang dipimpin Lee Hsien Loong untuk turut serta dalam konferensi internasional yang diadakan oleh FISIP UNAIR. Konferensi yang dimaksud adalah The Second International Conference on Social and Political Science (ICoCSPA).

“Nanti kami akan hubungkan untuk mendapatkan keynote speaker yang sesuai dengan audiens. Dari (akademisi) Singapura,” tutur Aisyah.

Wakil Dekan III FISIP, Prof. Myrtati Dyah Artaria, Ph.D., mengatakan konferensi ICoCSPA tersebut merupakan ajang diskusi ilmiah para akademisi yang terdiri dari mahasiswa sarjana hingga doktor, dan para dosen. Rencananya, konferensi tersebut akan dihadiri oleh para akademisi dari perguruan tinggi dari negara-negara lain.

Selain bicara soal konferensi, kedua belah pihak juga membicarakan potensi-potensi kerja sama pendidikan lainnya, seperti pertukaran mahasiswa dan pengajar, riset dan publikasi bersama.

Dalam kunjungan tersebut juga hadir Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya, Rektor UNAIR Prof. Dr. M. Nasih, Sekretaris Universitas, dan Wakil Rektor III UNAIR.

Sebelumnya, Ngurah Swajaya mengisi kuliah tamu di FISIP UNAIR. Materi yang dipaparkan bertema “RI-Singapura 50 Goes to FISIP UNAIR: Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Republik Indonesia-Singapura.”

Penulis: Defrina Sukma S