multilateral
Dirjen Multilateral Kemenlu RI Hasan Kleib (lima dari kiri) usai memberikan kuliah umum di FISIP UNAIR (Foto: Akhmad Janni)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Direktur Jendral Multelateral Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Hasan Kleib memberikan kuliah umum di Universitas Airlangga, Rabu (22/3). Ia membawakan kuliah umum tentang “Diplomasi Multilateral RI” dihadapan mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional UNAIR, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Surabaya, dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Pada kuliah umum yang berlangsung di Aula Adi Sukadana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAIR itu, Hasan mengungkapkan tentang salah satu alasannya memberikan kuliah umum di UNAIR.

“Ketika saya jadi mahasiswa dulu, saya pengen ada acara seperti ini. Maka mengadakan kunjungan ini untuk membagika ilmu kepada para mahasiswa,” ungkap Hasan.

Hasan mengungkapkan, kuliah umum ini diselenggarakan sebagai bentuk dari interaksi antara Kemenlu dengan masyarakat domestik. Tujuannya, agar Kemenlu dapat berbagi ilmu kepada mahasiswa mengenai hubungan multilateral Indonesia.

Hasan yang baru dilantik presiden menjadi Duta Besar RI untuk Swiss, Jenewa, pada 13 Maret lalu itu lebih banyak memaparkan tentang perbedaan hubungan multilateral dengan hubungan bilateral.

“Kalau multilateral itu lebih tematik, berbeda dengan bilateral yang sifatnya lebih komplit. Misalnya pembahasan hubungan multilateral tentang HAM, atau tentang keamanan,” ujar Hasan.

Ia menambahkan, organisasi dunia seperti organisasi kesehatan (WHO), organisasi perdagangan (WTO), organisasi hidrografi (IHO), Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Ornasiasi Kerjasama Negara Islam, Gerakan non-blok, atau yang regional seperti ASEAN, Uni Eropa, dan lainnya menjadi tugas dari hubungan multilateral.

Kuliah umum oleh Hasan ini dibuka langsung oleh Dekan FISIP Dr., Drs., Falih Suedi, M.Si. Ia mengungkapkan rasa hormatnya kepada Hasan atas kunjungan yang telah dilakukan.

“Kedatangan beliau menunjukkan energi positif bagi pendidikan, khususnya di FISIP UNAIR. Semoga dari gedung sederhana ini akan muncul pemimpin-pemimpin masa depan,” ucap Falih memberikan motivasi kepada mahasiswa. (*)

Penulis : Akhmad Janni

Editor    : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).