Orangtua mengajarkan penanaman pohon kepada anak sejak dini, kegiatan yang diinisiasi oleh Wanala UNAIR.
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Dalam rangka menyambut hari air yang jatuh pada 22 Maret, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wanala Universitas Airlangga mengadakan penanaman pohon bersama di area Kampus C UNAIR, Minggu (19/03). Sebagai wadah kegiatan mahasiswa di bidang cinta alam, UKM Wanala mengajak serta seluruh komponen masyarakat dan mahasiswa untuk bersama-sama menjaga keseimbangan alam.

Di kampus C UNAIR, penanaman pohon dilakukan mulai dari area berdekatan dengan Asrama Putri hingga area sekitar Airlangga Convention Center (ACC). Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Univeristas se-Surabaya, Siswa Pecinta Alam (SISPALA), Komunitas Pencinta Alam, Mahasiswa UNAIR, 100 Anak Taman Kanak-kanak (TK), dan masyarakat umum.

“Kami di sini mengajak semua kalangan masyarakat untuk mencintai alam, tidak hanya menikmatinya saja,” ujar Gangga Pamadya Bagaskara Ketua Wanala UNAIR.

Setelah sambutan dari Direktur Kemahasiswaan UNAIR Dr. M. Hadi Shubhan., S.H., M.H., CN, seluruh peserta yang telah melakukan registrasi mulai menanam pohon. Para peserta menggali lubang dengan peralatan yang disediakan. Ada juga dari mereka yang membawa sendiri peralatan dari rumah. Pada aksi penanaman pohon ini, terdapat peserta yang mengajarkan anaknya untuk menanam pohon sejak dini.

Nantinya, perawatan pohon-pohon yang sudah ditanam di bawah kendali Wanala UNAIR sesuai dengan SOP yang telah diatur.

Mahasiswa Jurusan Manajemen ini menuturkan, bulan yang bagus untuk melakukan penanaman pohon adalah bulan September karena menyambut musim penghujan. Namun, kegiatan ini sudah didiskusikan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. Penanaman pohon dilakukaan bulan Maret ini dengan pertimbangan bahwa musim hujan akan terus berlangsung.

Usai penanaman pohon ini, pemupukan akan dilakukan secara intensif dan akan diadakan penyiraman berkala sehingga pohon-pohon yang telah ditanam mampu membawa dampak bagi lingkungan.

Gangga menambahkan, cuaca yang semakin panas khususnya di Surabaya dapat dikurangi dengan penanaman pohon karena memiliki daya untuk mengurangi emisi karbon.

“Kegiatannya seru dan menyenangkan. Kegiatan semaca ini mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan sejak dini,” kata Betris, salah satu peserta kegiatan menanam pohon.

Diujung acara, para peserta diberi kesempatan untuk fun dayung bersama-sama di danau yang terletak di depan Kantor Manajemen UNAIR. Kegiatan menanam pohon Wanala UNAIR ini tidak berhenti di area Kampus UNAIR saja. Kegiatan akan berlanjut di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas, Desa Sitiarjo Kabupaten Malang (Minggu (23/4) ), dan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto (Minggu (26/3) ). (*)

Penulis : Siti Nur Umami
Editor    : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).