FPK Tebar Sepuluh Ribu Benih Nila di Danau Kampus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
benih nila
Wakil Dekan I FPK UNAIR Endang Dr. Ir. Dewi Masithah, MP., bersama Prayogo, S.Pi., MP., saat menebar benih ikan nila. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Sivitas akademika Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga menebar sebanyak sepuluh ribu benih nila di danau kampus C, Kamis (9/3). Acara tebar benih nila ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan pimpinan fakultas.

Dosen FPK sekaligus penanggung jawab acara, Prayogo, S.Pi., mengatakan kegiatan tebar benih ikan merupakan bagian dari upaya untuk optimalisasi fungsi danau buatan kampus. “Ini kan termasuk salah satu aset yang bisa kita kelola, selain menjadi tempat untuk rekreasi, jadi bisa menjadi tempat edukasi dan praktikum mahasiswa kami. Yang terpenting juga bisa bermanfaat untuk semua,” jelasnya.

Prayogo juga mengatakan bahwa penebaran benih ikan merupakan agenda rutin yang sudah dilakukan oleh pihak FPK. Selain ikan nila, sebelumnya Prayogo dan tim sudah menebar benih ikan koi, ikan tombro, ikan mas, dan rencananya setelah ini akan ditabur benih ikan bandeng.

“Untuk benih yang kita tebar ini ukurannya yang cukup besar. Pengalaman kemarin saat kami tebar dengan ukuran kecil malah jadi makanan ikan lainnya,” imbuh Prayogo.

Tidak hanya menebar, untuk menunggu masa panen, Prayogo menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan pantauan terkait kualitas air, kondisi ikan, dan padat tebarannya. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk hasil panen yang maksimal.

“Kami memang yang punya gawe dan kami juga bertanggung jawab untuk hal itu. Maka untuk memantau kualitas air kami juga turun tangan. Selain itu ikan ini kan juga organisme hidup yang berpotensi kena penyakit,” tandasnya.

“Jika ini sudah berjalan dengan baik danau yang kita miliki ini bisa memiliki nilai lebih, selain wahana rekreasi dan edukasi, ini juga bisa sebagai upaya peningkatan gizi masyrakat dan kita semua yang ada di sini,” imbuhnya.

Untuk mengoptimalkan fungsi edukasi dan laboratorium mahasiswa, pihak FPK UNAIR secara rutin menebar benih ikan. Kali ini, sebanyak 10.000 benih nila berukuran 5-10 cm ditebar di danau yang terletak di depan Kantor Manajemen UNAIR tersebut.

Danau buatan yang ada di area kampus C Universitas Airlangga, memang mempunyai banyak fungsi. Selain sebagai wadah resapan air hujan dan tempat untuk rekreasi, danau tersebut juga digunakan sebagai wadah edukasi dan salah satu tempat praktikum mahasiswa FPK.

Kegiatan yang dilangsungkan Kamis (9/3), dihadiri Wakil Dekan I Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR dan salah satu dosen FPK UNAIR yang juga penanggung jawab pelaksanaan tebar benih ikan, Prayogo, S.Pi., MP. Ditanyai mengenai kegiatan tersebut, Prayogo menjelaskan bahwa

 

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu