Suasana Sosialiasi oleh Direktorat Jendral Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti di FF UNAIR.
Suasana Sosialiasi oleh Direktorat Jendral Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti di FF UNAIR. (Foto: UNAIR NEWS)
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS - Upaya Universitas Airlangga untuk menjadi World Class University (WCU) telah dilakukan oleh berbagai pihak, diantaranya dilakukan oleh Fakultas Farmasi UNAIR. Untuk hal itu FF UNAIR mengandeng salah satu industri ternama dalam bidang kosmetik serta mendatangkan staff dari Direktorat Jendral Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti. Kerja sama tersebut dilangsungkan dengan acara  sosialisasi yang berlangsung di Ruang Sidang lantai I FF (08/03). Acara tersebut juga menjadi bentuk tindak lanjut dari pencapaian Research Excellence dan menjadi pertemuan tiga bidang yang berbeda, yakni Instansi Pemerintahan, Perguruan Tinggi, dan juga Industri.

“Dari pertemuan ini kami juga mengambil manfaat dengan melakukan kerja sama. Pihak pemerintahan dalam hal ini membawa dua misi, yakni sebagai jembatan penghubung perguruan tinggi dengan industri dan juga penilaian terhadap produk-produk yang layak diproduksi,” ujar Dewi Melani Hariyadi, S.Si., M.Phil., Ph.D., Apt., selaku Wakil Dekan III FF UNAIR.

BACA JUGA:  Produk Ramah Lingkungan Excelzyme Akan Segera Dihilirisasi

Dewi juga menambahkan bahwa dari pihak FF UNAIR sebenarnya sudah memiliki produk-produk yang layak untuk dipublikasikan. Pihaknya berharap bahwa di pihak industri bisa terus menjadi pendamping agar produk-produk FF UNAIR layak produksi dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita sendiri sudah menghasilkan produk yang siap hilirisasi. Misalnya, kosmetik yang berbahan dasar alam maupun sintesis, seperti lulur Sumenep,” jelasnya. “Kami juga sudah melakukan penelitan untuk menghasilkan obat tradisional, namun dalam pertemuan ini pihak industri masih berfokus pada kosmetik,” imbuhnya.

Turut pula hadir pada acara tersebut ketua Lembaga Pengembangan Produk Akademik & Hak Kekayaan Intelektual (LPPA-HAKI) Prof. Dr. Sukardiman, Apt., MS. Dalam acara tersebut ketua LPPA-HKI mempresentasikan produk-produk UNAIR yang sudah terdata.

 

Penulis: Akhmad Janni

Editor: Nuri Hermawan