Peserta mempresentasikan esai dihadapan dewan juri. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Komunitas mahasiswa Universitas Airlangga asal Bojonegoro yang tergabung dalam Airlangga Bojonegoro Community (ABC) kembali menghelat acara tahunan Call for Essay dan talkshow inspiratif untuk siswa SMA/SMK/Sederajat se-Bojonegoro. Acara yang digelar kali kelima itu dilangsungkan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Minggu (12/2).

Acara itu dihadiri 25 finalis Call for Essay yang memaparkan gagasan bertema “Optimalisasi Potensi dan Sumber Daya Bojonegoro dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Peserta dapat memilih subtema yang meliputi sektor pertambangan dan migas, pariwisata dan budaya, industri kreatif, pertanian, perikanan, dan kehutanan, sumber daya manusia dan pendidikan.

Ketua pelaksana acara, Eka Sari, menjelaskan lomba esai yang diperuntukkan bagi pelajar SMA sederajat dirasa masih jarang. Oleh karena itu, pihaknya ingin agar para pelajar SMA sederajat mengasah kemampuannya dalam menulis esai. Selain itu, kompetisi esai menjadi sarana agar generasi muda bisa mengenal lebih dalam tentang potensi daerahnya.

Melalui kompetisi tersebut, siswa asal SMAN 2 Bojonegoro Diah Kharisma Putriana dan Rose Diantika meraih juara I. Posisi juara II diraih oleh Ihza Zhafranianto dan Amelia Naurah dari SMAN I Bojonegoro, sedangkan posisi juara III diraih Nadya Syahda dan Enno Haya dari SMA Plus Al Fatimah I.

Dalam acara talkshow inspiratif para pembicara berbagi pengetahuan dan kepakaran di bidangnya masing-masing. Acara dihadiri oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bojonegoro Rahmat Junaidi, Dekan Fakultas Kedokteran UNAIR Prof. Dr. Soetojo, Sp.U, dan perwakilan ExxonMobile Rexy.

Dalam paparannya, Soetojo menjelaskan tentang sumber daya manusia dan peran pendidikan dalam memaksimalkan potensi sumber daya alam. Sedangkan, Rahmat yang berkecimpung di dunia pemerintahan memberikan wawasan tentang ekonomi, industri kreatif, dan pariwisata.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan dan masyarakat, terutama siswa SMA/SMK/Sederajat lebih antusias dan ke depannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” harap Eka.

 

Penulis: Siti Nur Umami

Editor: Defrina Sukma S

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone