SEKRETARIS II PP IKA-UA Cak Budi Widajanto saat melantik pengurus IKA-FPK UNAIR Periode 2016-2020, Minggu (12/2) di kampsu FPK. (Foto: Bambang Bes)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan (IKA-FPK) Universitas Airlangga periode 2016-2020, dilantik oleh Sekretaris II Pengurus Pusat IKA Universitas Airlangga, di Lantai V Gedung FPK UNAIR, Minggu (12/2). Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Rektor IV Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., M.Sc., Dekan FPK Prof. Dr. Mirni Lamid, drh., MP., Ketua IKA-UA Wilayah Jatim Dr. Hendy Hendarto, dr., Sp.OG., Wakil Dekan FPK, dan beberapa pengurus PP IKA-UA dan IKA-UA Jatim.

Dalam Surat Keputusan PP IKA-UA Nomor 008/SK/PP-IKA UA/X/2016 tersebut, IKA-FPK periode 2016-2020 ini dipimpin oleh Arief Syaifurrisal, Wakil ketua Annur Ahadi Abdillah. Sekretaris Niko Pradipta, wakil sekretaris Okky Hermawan. Bendara Almira Fardani Lahay, dan wakil bendahara Galuh Ajeng Kusumaningrum.

Selain kepengurusan inti juga dilengkapi dengan enam bidang, yaitu bidang Hubungan Alumni, bidang media, bidang jaringan ilmuwan dan akademis, bidang jaringan pengusaha, bidang jaringan birokrasi, dan bidang jaringan professional.

Dalam sambutannya, Dekan FPK Prof. Mirni Lamid mengatakan sangat menaruh harapan kepada pengurus IKA-FPK UNAIR yang usianya rata-rata masih relatif muda ini, terutama dalam melakukan pendataan alumni yang tersebar dimana-mana. Selain itu juga untuk mendorong alumni melakukan update data. Dengan support pengurus sebelumnya dan bimbingan PP IKA-UA, ia yakin pekerjaan cukup berat yang membutuhkan ketelatenan ini bisa terlaksana.

”Fakultas akan men-support untuk tugas-tugas ini, termasuk update data alumni secara baik, sehingga diharapkan bisa memberi kontribusi signifikan bagi FPK. Selamat bekerja, mari rapatkan barisan untu berkarya di masyarakat dan untuk almamater,” kata Prof. Mirni Lamid.

Sekretaris II PP IKA-UA Cak Budi Widajanto dalam sambutannya antara lain mengatakan, menjadi pengurus IKA merupakan kerja sosial dan pengabdian tanpa pamrih. Sehingga akan merasa berat jika tanpa disertai keterpanggilan jiwa untuk berorganisasi. Kepada pengurus IKA-FPK yang relatif masih muda ini, rata-rata usianya masih dibawah 40 tahun, Cak Budi yakin dan optimis laju organisasi IKA-FPK akan lebih cepat.

PENGURUS IKA-FPK mendapat ucapan selamat dari Wakil Rektor IV UNAIR dan pengurus PP IKA dan IKA-UA Jatim. (Foto: Bambang Bes)

”IKA fakultas yang lain setelah pelantikan baru beberapa minggu kemudian mengadakan rapat kerja. Tetapi IKA-FKP ini setelah dilantik langsung mengadakan Raker. Ini saja lebih banter dari yang pernah saya alami di IKA-FE tahun 2007 lalu,” kata alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR ini.

Didepan para pengurus baru IKA-FPK, Sekretaris II PP IKA-UA itu juga memperkenalkan para aktivis IKA yang hadir. Mereka itu baik dari Pengurus Pusat IKA-UA antara lain Cak Amang Rofii, serta Pengurus IKA-UA Wilayah Jawa Timur. Bahkan juga hadir perwakilan IKA-UA Kabupaten Madiun.

Sedangkan Wakil Rektor IV Universitas Airlangga, Junaidi Khotib, juga menyatakan optimistis terhadap pengurus IKA-FPK yang masih relatif muda ini, seraya berharap empat tahun kedepan mampu menunjukkan kontribusi nyata untuk memberi manfaat seluas-luasnya terhadap kemanusiaan. Tentu saja melalui karyanya yang dibangun berdasarkan kompetensi para alumni.

”Yang jelas, antara universitas dengan alumni itu tidak bisa dipisahkan. Untuk urusan wilayah akademik memang kampuslah tempatnya, tetapi untuk urusan universitas di masyarakat maka pada alumninyalah tempatnya. Jadi keduanya tidak bisa dipisahkan. Ada suatu hal di mana kita bekerja untuk universitas, dan ada suatu hal saat kita bekerja untuk ikatan alumni,” kata Junaidi Khotib.

Warek IV juga berharap alumni mampu berkontribusi terhadap capaian universitas tahun 2020 nanti di mana UNAIR diharapkan pemerintah mampu menembus peringkat 500 besar dunia. Untuk itulah peran alumni dalam berkarya di masyarakat sangat besar untuk menunjang target tersebut. (*)

Penulis: Bambang Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone