Pengurus IKA UNAIR Wilayah Jatim Siap Dilantik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KETUA IKA Universitas Airlangga Wilayah Jawa Timur Dr. dr. Hendy Hendarto, Sp.OG(K). (Foto: Bambang Bes)
KETUA IKA Universitas Airlangga Wilayah Jawa Timur Dr. dr. Hendy Hendarto, Sp.OG(K). (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Setelah kepengurusannya tersusun, pengurus lkatan Alumni Universitas Airlangga (IKA-UA) Wilayah Jawa Timur akan dilantik oleh Pimpinan Pusat IKA-UA. Pelantikannya akan dilaksanakan di Lantai 10 Aula Graha Utama, Universitas Trunojoyo Jl. Raya Telang, Kamal, Kabupaten Bangkalan, Sabtu (4/2). Bersamaan dengan pelantikan itu akan diluncurkan Website IKA-UA dan disampaikan Pokok-Pokok Pikiran Ikatan Alumni Universitas Airlangga tentang Kemandirian dan Daya Saing Bangsa kepada pemerintah.

Ketua I PP IKA-UA, Drs. Ec. Haryanto Basoeni menjelaskan, IKA-UA Wilayah Jawa Timur ini akan dipimpin oleh Dr. Hendy Hendarto, dr., Sp.OG (K) sebagai ketuanya. Dalam kepengurusan ini juga terdapat dua penasehat yaitu Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, S.T., M.Si (Bupati Gresik) dan Dr. H. Muh. Syarif, Drs. Ec., M.Si. (Rektor Universitas Trunojoyo Madura).

Dalam program kerja yang telah disepakati oleh pengurus IKA-UA Wilayah Jatim, dalam kegiatan untuk masyarakat antara lain akan dilaksanakan bakti sosial baik untuk bencana alam, duafa, dsb. Program lainnya yaitu ikut mencerdaskan masyarakat dengan membuat kolom media dan memberikan informasi, baik melalui televisi dan radio.

Sedangkan program untuk almamater akan melakukan partisipasi aktif dalam program pencapaian Universitas Airlangga menuju 500 World Class University (WCU), serta hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan UNAIR. Sedangkan program untuk alumni, antara lain akan mengembangkan Koperasi Alumni, pencatatan alumni dan koordinasi dengan pengurus cabang dan pengurus pusat. Menyelenggarakan acara-acara kebersamaan baik berupa ramah-tamah, buka puasa bersama, menjenguk alumni yang sakit, sosial kematian, dan donor darah.

Bersamaan dengan diluncurkannya website IKA-UA dengan alamat www.alumni.unair.ac.id, diharapkan melalui website ini para alumni UA yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di luar negeri, dapat melakukan update dan bisamelakukan validasi data dirinya secara mandiri.

”Sehingga lKA-UA dan UNAIR akan memiliki database alumni yang akurat, valid, dan terkini yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan,” tambah Sekretaris IKA Dr. Budi Widayanto.

Website ini dibangun atas kerjasama antara PP lKA-UA dan UNAIR, berisi database alumni dari 15 fakultas, dimana sampai awal Januari 2017 telah memuat database sekitar 110.000 dari alumni lintas fakultas. Namun belum semua yang tervalidasi.

Pada saat bersamaan juga akan dideklarasikan Pokok Pokok Pikiran IKA-UA tentang Kemandirian dan Daya Saing Bangsa. Hal ini dilandasi pemikiran bahwa dalam era globalisasi dan  perdagangan bebas serta iklim persaingan yang semakin kompetitif ini, diperlukan konsep tentang kemandirian dan daya saing bangsa agar bangsa Indonesia keluar sebagai bangsa pemenang.

”Dalam waktu dekat, Pokok Pokok Pikiran ini akan kami sampaikan kepada Presiden sebagai masukan dari lKA-UA kepada pemerintah,” tambah Haryanto Basoeni.

Pengurus inti IKA-UA Wilayah Jatim itu adalah Dr. dr. Hendy Hendarto, Sp.OG(K) (Ketua), Dr. Deni SB Yuherawan, SH.,MS (Wakil Ketua); Drs. Wahjudi, Apt (Sekretaris); Drs. Chris Susanto, Ak (Wakil  Sekretaris I); Suci Hariyati, SE (Wakil Sekretaris II); drg. Edward Syah Amir, M.Kes (Bendahara); drg. Shinta Widyansih M, M. Kes. (Wakil Bendahara I); Dra. Ruchul Hayati, Ak. (Wakil Bendahara II); Dr. Ahsan, S.Kp., M.Kes (Wakil Cabang Malang); drg. Priyo Raharjo (Wakil Cabang Madiun); drg. Sri Lestari, M.Kes (Wakil Cabang Jember). Selain itu juga dilengkapi empat bidang, yaitu Bidang Pengabdian Masyarakat, bidang Pengembangan Bisnis, Bidang Pemberdayaan Anggota dan Jejaring Alumni, serta Bidang Organisasi dan Kerjasama Antar Lembaga. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu