Ilmu Hukum adalah Bekal Menolong Masyarakat Pencari Keadilan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., Pakar Filsafat Hukum dan Hukum Peradilan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Terjun di dunia hukum merupakan salah satu pilihan yang menjadi jalan hidup Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S. Laki-laki yang akrab disapa Basuki tersebut mengaku mulai tertarik dengan kajian hukum saat ia menempuh pendidikan di sekolah tingkat menengah. Baginya, persoalan hukum merupakan hal yang menarik untuk dikaji.

“Saya tertarik dengan dunia hukum karena selalu bersinggungan dengan masalah yang berkaitan dengan keadilan, kepatutan, hak, kewajiban, kekuasaan, dan kemanusiaan,” jelasnya.

Langkah Basuki dalam dunia hukum pun terbukti dengan turut mendirikan dan mengelola Yayasan Lembaga Kemasyarakatan dan Bantuan Hukum (YLSKBH) di Surabaya pada tahun 1982. Kemudian, ia juga mendirikan Kantor Konsultan Hukum Manggala Surya di Surabaya pada tahun 1989 dan turut pula mendirikan Law Firm WINS and Partners di Surabaya pada tahun 2008.

Di bidang pengabdian masyarakat, kiprahnya dilakukan bersama Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), ia melakukan penelitian dan menyusun Standar Nasional Penyelesaian Perkara Tilang di Pengadilan tahun 2014, 2015, dan 2016.

“Saya juga pernah bersama JSSP (Judicial Sector Supporting Project) melakukan penelitian tentang pengurangan arus perkara kasasi dan peninjauan kembali,”  imbuhnya.

Selain itu, kiprah akademis Basuki juga diwujudkan dalam penelitian tentang hukum. Tercatat ia aktif melakukan penelitian sejak tahun 1986 hingga 2016. Buktinya, profesor emeritus itu sudah menerbitkan sebanyak 100 judul penelitian yang telah ia hasilkan. Dalam bidang keprofesian, Basuki pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) DPD Korpri Jawa Timur pada tahun 2007 hingga 2009. Kemudian ia juga menjabat sebagai Ketua Tim Kajian Konstitusi Puslitbang Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2015, dan Sekretaris Pokja Penyusunan PERMA Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas pada tahun 2016.

“Ilmu yang saya dalami selama studi di S-1, S-2, S-3 serta pengalaman dalam praktik telah menjadi bekal saya untuk terus berkomitmen dan mengabdikan diri, baik sebagai akademisi maupun sebagai praktisi hukum yang berguna bagi masyarakat pencari keadilan,” tegasnya.

 

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu