UNAIR Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Tiga Kabupaten

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sekretaris Pusat Informasi dan Humas UNAIR Dr. Bimo Aksono, drh., M.Kes, ketika memberikan pemaparan. (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS – Memasuki masa-masa penerimaan mahasiswa baru, Universitas Airlangga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan mengadakan acara sosialisasi mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru. Acara dilangsungkan di Sekolah Menengah Atas Negeri I, Bluluk, Lamongan, Rabu (25/1).

Acara sosialisasi itu dihadiri oleh kepala sekolah SMA negeri dan guru bimbingan konseling (BK) se-Kabupaten Lamongan. Tujuannya, untuk memaparkan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru yang akan dihadapi para pelajar kelas XII. Pasalnya, sebentar lagi mereka akan mengikuti seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan seleksi bersama perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Dari UNAIR, pihak yang memberikan pemaparan materi adalah Sekretaris Pusat Informasi dan Humas Dr. Bimo Aksono, drh., M.Kes. Dalam paparannya, Bimo mengatakan bahwa kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini, kuota penerimaan SNMPTN sebanyak minimal 30 persen, SBMPTN minimal 30 persen, dan jalur Mandiri maksimal 10 persen.

Dalam sosialisasi tersebut, ada salah satu guru menanyakan perihal pilihan program studi yang menjadi prioritas. “Bagaimana bila UNAIR ditempatkan bukan pada pilihan pertama?,” tanya salah satu guru.

Menanggapi pertanyaan itu, Bimo mengatakan bahwa UNAIR tak menerima siswa yang menempatkan perguruan tinggi tertua di Indonesia wilayah Timur itu bukan sebagai pilihan pertama. “Bahwa bagaimana kita bisa membuka siswa yang memilih UNAIR sebagai pilihan kedua, ketika siswa yang menjadikan UNAIR sebagai pilihan pertama saja sudah membludak melebihi kuota,” tutur Bimo.

Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ke daerah-daerah menjadi tugas rutin setiap tahunnya bagi UNAIR. Tahun ini, UNAIR mendapat jatah wilayah sosialisasi di Kabupaten Lamongan, Tuban, dan Bangkalan. Tahun sebelumnya, UNAIR mendapat tugas sosialisasi ke wilayah Nganjuk, Mojokerto, dan Surabaya.

 

Penulis: Agus Irwanto

Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu