Fakultas Keperawatan Menang Lomba Web Terbaik Universitas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor menyerahkan piala bergilir pada Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan. (Foto: Defrina Sukma)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kembali memberikan penghargaan kepada sivitas akademika dan unit kerja yang telah mengelola laman dan blog resmi dengan baik. Penghargaan itu dibagikan oleh Rektor dan Direktur Sistem Informasi kepada masing-masing penerima di Ruang Sidang Pleno, Selasa (17/1).

Penghargaan diberikan pada 18 pemenang pada empat kategori. Pemenang – pemenang berasal dari kalangan fakultas, departemen, sivitas akademika, dan mahasiswa. Keempat kategori tersebut adalah laman fakultas/unit kerja/lembaga terbaik, departemen terbaik, blog sivitas akademika terbaik, dan blog mahasiswa terbaik.

Pada kategori laman fakultas/unit kerja/lembaga terbaik, Fakultas Keperawatan (http://ners.unair.ac.id) berhasil meraih juara I. Pada posisi berikutnya, juara II diraih oleh Fakultas Psikologi (http://psikologi.unair.ac.id), dan juara III diraih oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (http://fisip.unair.ac.id).

Pada kategori laman departemen terbaik, Departemen Manajemen (http://manajemen.feb.unair.ac.id) berhasil meraih juara I, disusul Departemen Kimia pada juara II (http://kimia.fst.unair.ac.id), dan Departemen Ilmu Ekonomi pada juara III (http://ie.feb.unair.ac.id).

Pada kategori laman blog sivitas akademika terbaik, secara berurutan diraih oleh Dr. Purnawan Basundoro, S.S., M.Hum (Fakultas Ilmu Budaya), Nove Eka Variant Anna, S.Sos., MIMS (FISIP), dan Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum (Fakultas Hukum).

Pada kategori blog mahasiswa terbaik, secara berurutan terbaik diraih oleh Sri Harini Wijayanti (FISIP), Amalia Mastur (FISIP), Helmi Akbar D (FISIP), Yohanes Putra (FISIP), Elly Raheliyawati (FIB), Sacharissa (FK).

Penilaian itu didasarkan pada enam parameter, keempat di antaranya mengacu pada standar perangkingan Webometrics. Yakni, presence (total jumlah halaman web dan kekayaan file akademik), visibility (total jumlah backlink yang terkait dengan subdomain), openness (transparansi konten ilmiah berdasarkan sitasi pada Google Scholar), excellence (kekayaan konten ilmiah yang ditemukan dan disitasi pada artikel di web lain), content (update artikel, berita, dan informasi di laman fakultas), dan web design (kekayaan fitur layanan dan kesesuaian desain laman berdasarkan template yang ditetapkan).

Direktur Sistem Informasi Eko Supeno, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, saat ini baru 30 persen sivitas akademika yang secara rutin memperbarui konten dalam blognya. Ke depan, pihaknya berencana untuk mendorong seluruh sivitas akademika untuk blogging.

“Kami targetkan blog-blog kita ini bisa memperkuat hasil penilaian Webometrics kita (UNAIR),” tutur Eko.

Para pemenang lomba web dan blog terbaik. (Foto: Defrina Sukma)

Rektor Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak, mengapresiasi para pemenang yang telah bekerja secara rutin untuk memperbarui informasi melalui masing-masing laman resmi yang disediakan. Nasih juga berharap, agar mereka tetap rutin memperbarui informasi demi mengikuti perkembangan informasi di era digital.

“Penyampaian gagasan tak mungkin lagi diantarkan dengan kuda atau justru tidak memerlukan kehadiran fisik. Fenomena kebaikan berupa gagasan ini sebarluaskan ke dunia. Prodi dan dekanat juga harus aktif mendorong mahasiswa untuk melakukan ini. Universitas Airlangga harus terus mengalirkan kebaikan tanpa batas dan ini harus dilakukan secara masif,” tutur Nasih.

Fakultas Keperawatan yang diwakili Wakil Dekan III Dr. Ahmad Yusuf, S.Kp., M.Kes mengatakan pihaknya secara rutin memperbarui informasi di laman resmi fakultas. Konten lamannya kini dipenuhi dengan berita, artikel penelitian, maupun informasi-informasi yang diperlukan oleh sivitas akademika seperti yudisium profesi, kalender akademik, dan penerimaan proposal program kreativitas mahasiswa.

Penulis: Defrina Sukma S
Editor : Faridah Hari

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu