Rangkaian Pengmas Magister Keperawatan UNAIR Sesuai Aturan Dikti

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KAPRODI Magister Keperawatan FKp UNAIR Dr. Tintin Sukartini, SKp., M.Kes (tengah depan) ketika membuka seminar di RSJ Menur. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Ketua Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga, Dr. Tintin Sukartini, SKp., M.Kes., menjelaskan bahwa serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan mahasiswa prodi Magister (S-2) FKp dalam satu semester terakhir 2016 ini, sesuai SK Dikti bahwa kegiatan mahasiswa baik S1 dan S2 harus dilibatkan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

”Selama ini mahasiswa S-2 kan hanya terlibat dalam pengajaran yang rutin, setelah selesai tesis, selesai sudah, lulus. Sedangkan sekarang tidak, dengan peraturan Dikti itu mereka harus dilibatkan dalam penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Dr. Tintin Sukartini, ketika ditemui di arena pengmas di RSJ Menur.

Rangkaian pengmas yang dijalani sejak September itu, diawali dilaksanakan di Kelurahan Dupak Bandarejo, Surabaya. Kemudian berlanjut di Balai RW IV Dupak Bangunsari (8/11), di RS PHC (24/11). Awal Desember 2016 giliran S2 Keperawatan Komunitas di RW V Dupak Bangunsari dengan tema “Perilaku Kecendekiawanan Sosialisasi dan Optimalisasi Program Bank Sampah”. Selanjutnya pengmas di Kelurahan Dalpenang, Kab. Sampang, Sabtu (10/12), dan terakhir di RSJ Menur (20/12).

Karena sejak awal masuk sudah disosialisasikan bahwa mahasiswa S-2 harus bikin program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (pengmas), sehingga dalam semester akhir 2016 itu pengmas sudah berjalan lancar oleh empat minat prodi Magister Keperawatan. Keempat minat prodi Magister Keperawatan itu adalah Keperawatan Medical Bedah, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Komunitas, dan Manajemen Keperawatan. Itu sebabnya masing-masing minat mempunyai program pengmas.

Kepada mahasiswa S2 minat Keperawatan Jiwa, Tintin mengapresiasi positif. Pasalnya, minat jiwa angkatan pertama yang hanya diikuti 19 mahasiswa itu, dalam satu bulan bisa membuat dua kegiatan pengmas yang relatif besar. Pengmas pertama dilaksanakan di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC), 24 November dengan tema “Meningkatkan Caring Perawat Melalui Pelaksanaan Asuhan Keperawatan (Askep) Psikososial pada Penyakit Kronis di Rumah Sakit”. Kemudian yang kedua seminar di RSJ Menur 20 Desember 2016 dengan topik ”Peran Perawat Jiwa pada Lansia untuk Hari Tua yang Sejahtera.”

”Minat Jiwa ini luar biasa, walau baru pertama dan belum ada yang diconto dari kakak kelasnya, tetapi mampu membuat dua program pengmas yang dikemas secara lebih besar. Pengmas itu tidak saja berguna bagi teman-teman sejawat, tetapi juga untuk orang lebih banyak lagi,” kata Tintin.

Dalam sosialisasi di awal masuk sudah dijelaskan bahwa sampai dua tahun lulus harus mempunyai target-target tertentu terkait kompetensi mereka, sehingga mahasiswa harus berinisiatif menyusun program-programnya. Selanjutnya manajemen prodi tinggal memantau, memberi arahan, sesuai target mereka supaya selanjutnya bisa lulus tepat waktu (dua tahun).

Ikhwal biaya kegiatan, dikatakan memang ada sedikit bantuan anggaran dari fakultas, selanjutnya mahasiswa menggali dana sendiri, misalnya bekerjasama dengan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia). Dengan di-back-up anggaran PPNI maka kegiatan pengmas bisa lancar dan bahkan gratis. Sehingga pesertanya banyak dan sukses dari segi pencapaian sasaran.

Sebagai Kaprodi, Tintin berharap semua kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi ini berjalan lancar, sehingga mahasiswa lulus tepat waktu dengan berkualitas. Selain itu juga terpenuhinya target publikasi baik untuk jurnal internasional terakreditasi dan atau jurnal internasional terindeks scopus.

“Jadi target kami sekarang bagaimana mendampingi mahasiswa bisa menyelesaikan studinya dengan lancar, tepat waktu, dan menghasilkan publikasi yang sesuai peraturan universitas,” demikian Dr. Tintin Sukartini, SKp., M.Kes. (*)

Penulis : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu