AHSI Kerahkan Jejaring Internasional Menyongsong Target WCU

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi AHSI

UNAIR NEWS – Salah satu mimpi Universitas Airlangga adalah menjadi kampus bertaraf dunia. Hal itu ditangkap benar oleh Airlangga Health Science Institute (AHSI) yang juga siap bersaing di kancah global. Selama ini, Institute of Tropical Disease sebagai salah satu unit pendukung AHSI sudah berupaya keras untuk bisa melakukan riset berlevel internasional. Harapannya, dengan AHSI, riset dan publikasi internasional bisa tergenjot naik.

“Ini merupakan kesempatan untuk saling melengkapi. Dengan terkoordinasinya unit-unit, kerjasama akan terasah dan tujuan dapat lebih mudah diraih,” kata Ketua ITD Prof. Maria Lucia Inge Lusida, M.Kes., Ph.D., dr., Sp.MK.

Di tempat terpisah, Sekretaris AHSI Dr. Achmad Chusnu Romdhoni, dr., Sp.THT-KL (K) mengutarakan, di luar negeri, ada banyak lembaga atau institusi yang setara AHSI. Dengan lembaga semacam itulah AHSI bisa menjalin mitra. Yang otomatis, unit-unit di bawahnya pun bisa ikut merajut kerjasama pula. Maka itu, kata lelaki yang biasa disapa Dhoni tersebut, keberadaan AHSI akan memudahkan riset dan publikasi internasional di ITD.

Lebih lanjut, para sumber daya manusia yang ada di Rumah Sakit UNAIR-Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi, dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut pun sangat mungkin melakukan exchange ke luar negeri. Baik terkait penelitian, penambahan wawasan terkait layanan, juga sebagai media pendidikan dan pelatihan.

Sejauh ini, AHSI sudah menggariskan banyak target penelitian dan publikasi. Baik di level nasional maupun internasional. Target-target itu selalu tercapai. Tinggal bagaimana mengembangkan dan melakukan hilirisasi pada penelitian dan penemuan yang sudah dibuat itu.

“Yang jelas, kami ingin ikut memecahkan problem nasional, bahkan di ranah global. UNAIR wajib berpartisipasi. Karena, kampus ini memiliki modal yang mencukupi dan komponen penunjang yang memadai,” ujar Direktur AHSI Prof. Dr. Nasronudin, dr., Sp.PD-KPTI., FINASIM. (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu