Rektor Universitas Bersama dengan jajaran pimpinan saat mengisi diskusi bersama yang dilaksanakan di Ruang Garuda Mukti,Selasa (03/1). (Foto: Alifian Sukma)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Memasuki awal tahun 2017, Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak, memberikan arahan kepada seluruh tenaga kependidikan dan pimpinan di lingkungan rektorat. Arahan disampaikan di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen UNAIR, Selasa (3/1).

Dalam sambutannya, Rektor memberikan apresiasinya kepada seluruh tenaga kependidikan dan pimpinan atas kerja kerasnya pada tahun 2016. Salah satunya, indeks kepuasan pelayanan di sebagian besar unit sudah melampaui rata-rata yakni 3,25. Sedangkan, pada tahun 2017, target itu ditingkatkan pada angka 3,60.

Di bidang akademik, tahun 2016, program studi terakreditasi A mencapai 54 persen. Pada tahun 2017, targetnya ditingkatkan menjadi 70 persen. Di bidang publikasi, target publikasi yang terindeks Scopus berkisar pada angka 200. Sedangkan, tahun 2017, meningkat ke angka 400.

Kinerja para karyawan di rektorat diharapkan bisa mendukung roda akademik baik di tingkat universitas maupun fakultas, seperti misalnya pengurusan surat-surat. Mereka diminta untuk mempermudah proses-proses birokrasi yang melibatkan sivitas akademika. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan operasional sehari-hari, para karyawan dan pimpinan untuk mendasarkan kegiatan pada kebijakan mutu yang berpegang pada BEST. BEST adalah based on morality, excellent (academic, research, and community development), strong academic culture, dan target oriented.

“Kita semua hendaknya bekerja yang didasari pada aspek moralitas. Apabila jam kerja sudah menunjukkan pukul empat sore, itu memang waktunya pulang. Tapi, jika ada kerjaan yang harus diselesaikan hari itu juga terus anda pulang tepat pukul jam 4, itu menyalahi aspek moral,” tutur Prof. Nasih.

Selain itu, Rektor mengingatkan agar dalam setiap pekerjaan, berorientasi pada target. Ia mencontohkan, bila pada tahun 2017 tim UNAIR memiliki target untuk menjuarai kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, maka diharapkan seluruh unit kerja bisa mensukseskan target itu.

“Misal, ketika ingin juara PIMNAS, itu bukan hanya tanggung jawab Direktorat Kemahasiswaan, tapi juga melibatkan Direktorat Keuangan, Direktorat Pendidikan,” tutur Rektor.

Di akhir acara, Rektor menetapkan zona integritas di wilayah UNAIR. Zona integritas itu berarti para karyawan dan pimpinan diharapkan untuk bekerja  mengabdi, dan melayani sepenuh hati. Kedua, ora ngapusi, ora mbujuki, ora korupsi dan pungli. Ketiga, bekerja, mengabdi, melayani dengan lebih inovatif, efisien, dan efektif. Keempat, bekerja, mengabdi, melayani dengan lebih produktif dan berkah.

“Diperlukan inovasi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan. Tinggalkan yang jadul-jadul (jaman dulu, red),” ujar Rektor.

Selain Rektor, acara penyampaian kinerja dihadiri oleh jajaran pimpinan dan para tenaga kependidikan. (*)

Penulis: Defrina Sukma S.
Editor : Faridah Hari

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone