2017, Sembilan Prodi UNAIR Siap Dinilai Asesor AUN-QA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Alifian Sukma

UNAIR NEWS – Untuk menyelaraskan mutu dengan perguruan tinggi di luar negeri, pimpinan Universitas Airlangga berencana meningkatkan jumlah program studi untuk disertifikasi di tingkat regional.

Tahun 2017 nanti rencananya, sebanyak sembilan prodi akan disertifikasi oleh ASEAN University Networking-Quality Assessment (AUN-QA). UNAIR telah tergabung sebagai anggota AUN-QA sejak tahun 2011.

Sembilan prodi yang tengah bersiap untuk divisitasi oleh para asesor AUN-QA adalah S-1 Ilmu Ekonomi, Kebidanan, Ilmu Komunikasi, Budidaya Perairan, Kedokteran Gigi, Psikologi, Keperawatan, Akuntansi, dan Ilmu Hubungan Internasional.

Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Prof. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh., DEA, mengatakan, sembilan prodi tersebut tengah menyusun self-assessment report (SAR). Dari sembilan prodi itu, tiga prodi di antaranya sudah siap untuk divisitasi oleh asesor, sementara enam lainnya tengah menyusun dokumen SAR.

“Yang sudah siap berangkat 3. Jadi, kita kan mengevaluasi berapa persen, kita dampingi intensif. Ada pendamping internal dari BPM, ada juga pleno yang setiap dua minggu kita bertemu. Nah dari situ kita bisa menilai, oh ini udah siap. Karena kalau mereka juga harus menyusun dokumen-dokumen pendamping, apendiksnya, dalam Bahasa Inggris semua. Lha ini yang kami lihat bahwa ini sudah siap untuk berangkat. Sedangkan, lainnya sedang menyusun,” tutur Prof. Bambang.

Meski demikian, pihaknya akan berupaya untuk mengirimkan dokumen SAR kesembilan prodi itu dalam waktu dekat. Rencananya, dokumen akan dikirimkan ke AUN-QA pada akhir tahun 2016 atau awal bulan Januari 2017 nanti.

“Kami usahakan kesembilannya harus submit semua. Karena kita sejak Februari sudah kick off ini. Cuma memang banyak hal karena itu juga terkait bukan hanya menyusun di UNAIR, tetapi juga terkait dengan bagaimana kurikulumnya, bagaimana mereka menggunakan apakah itu redesign ataukah tidak, tergantung spesifik program studi,” ujarnya.

Sebelumnya, sudah ada enam prodi di UNAIR yang disertifikasi para asesor AUN-QA. Enam prodi tersebut yakni S-1 Pendidikan Dokter, Ilmu Hukum, Pendidikan Dokter Hewan, Pendidikan Apoteker, Biologi, dan Kimia. Pada pertengahan Desember ini, ada tiga prodi yang telah divisitasi oleh para asesor AUN-QA, yaitu S-1 Manajemen, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Sastra Inggris. (*)

Penulis : Defrina Sukma S
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu