Tingkatkan Pelayanan Melalui Lokakarya Excellent Services

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Dewi Retno Suminar saat memberikan pelatihan kepada para peserta lokakarya mengenai gesture tubuh yang baik saat bertemu dengan orang baru. (Foto: Alifian Sukma)

UNAIR NEWS – Demi peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik dalam melayani masyarakat, Bidang Kerjasama dan Bisnis Universitas Airlangga mengadakan Lokakarya Excellent Services dan Handling Customer Complain, pada Rabu (21/12).

Bertempat di Ruang Sidang Pleno Kantor Manajemen UNAIR, lokakarya tersebut diikuti oleh staf Bidang Kerjasama dan Bisnis, Pusat Informasi dan Humas, serta staf dari anak perusahaan dibawah bidang kerjasama seperti PT. Airlangga Global Travelling dan Griya Tamu UNAIR.

Wakil Rektor IV Junaidi Khatib Ph.D., selaku pihak yang bertanggung jawab dalam urusan kerja sama bisnis, turut hadir untuk membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Junaidi menyampaikan bahwa pentingnya memberikan pelayanan  yang terbaik pada pelanggan. Ia juga menambahkan bahwa sesulit apapun tugas di kantor, tidak lantas memengaruhi kinerja dalam melayani masyarakat.

“Urusan di kantor jangan sampai memengaruhi pelayanan kita, karena setiap perilaku kita dalam melayani itu mencerminkan citra UNAIR,” jelasnya.

Dalam lokakarya tersebut hadir pemateri pertama, Dr. Dewi Retno Suminar yang membahas tentang Excellent Services. Dewi yang juga dosen Fakultas Psikologi UNAIR ini mengatakan bahwa untuk berhadapan dengan publik, sebaiknya kenali diri sendiri dan lihat kelebihan dari diri masing masing. Setelah itu, langkah selanjutnya yakni menentukan sikap yang tepat untuk menghadapi publik dengan keadaan tenang dan tidak canggung. Ia juga memaparkan tentang etika seorang pemberi jasa pelayanan dalam memenuhi kepuasan customer.

“Ketika kita berbicara dengan orang, tataplah matanya dan beri senyuman yang ramah. Karena itu kesan pertama anda yang akan dinilai orang,” papar Dewi.

Dewi juga menyampaikan pentingnya penampilan, gestur dan ekspresi wajah ketika berhadapan dengan orang lain. Tidak hanya itu, bagi Dewi pilihan kata berbicara pun juga harus dipilih dengan baik. “Makanya dalam komunikasi dengan pelanggan kita harus menggunakan kata-kata yang sopan dan lugas,” imbuhnya.

Selanjutnya, pemateri kedua disampaikan oleh Drs. Suko Widodo selaku Ketua PIH UNAIR. Pakar komunikasi politik tersebut berbagi mengenai cara menghadapi beberapa keluhan yang sering dihadapi dijasa pelayanan. Menurut Suko, kunci untuk menghadapi keluhan pelanggan ialah mendengarkan keluhan tersebut dengan baik dan tidak disarankan untuk menyela pelanggan ketika selama berbicara keluhan.

“Complain is a Gift. Customer is a King. Ketika menghadapi keluhan pelanggan, yang penting jangan gugup dan tergesa-gesa, dan tawarkan solusi yang baik untuk masalah yang dihadapi pelanggan” pungkas Suko. (*)

Penulis: Farida Hariani
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu