Baru Dilantik, 84 Dokter Spesialis Siap Mengabdi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Wakil Rektor II UNAIR Dr. Muhammad Madyan, S.E., M.Si., M.Fin, memberikan selamat kepada para dokter spesialis yang baru dilantik pada Rabu (21/12). (Foto : Dilan Salsabila)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kembali meluluskan putra putri terbaiknya yang siap mengabdikan diri kepada masyarakat. Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR,  sebanyak 81 mahasiswa Spesialis-I dan 3 mahasiswa Spesialis-II angkatan ke-119, dilantik menjadi dokter spesialis baru pada Rabu (21/12).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor II UNAIR Dr. Muhammad Madyan, S.E., M.Si., M.Fin., Direktur Rumah Sakit UNAIR Prof. Dr. dr. Nasronudin, Sp.PD-KPTI., Dekan FK Prof. Dr. dr. Soetojo, Sp.U., beserta jajaran pimpinan fakultas serta departemen, dan Wakil Direktur Penunjang Medik Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Dr. dr. Hendriyan Dwikoloso, SpM.

Dari 16 Program Studi (Prodi) Spesialis-I, prodi Radiologi merupakan prodi penyumbang mahasiswa terbanyak yang dilantik, tercatat ada 17 mahasiswa dari prodi tersebut. Disusul dengan prodi Patologi Klinik dan Anestesiologi dan Reanimasi, masing-masing 8 mahasiswa.

Dalam prosesi pelantikan dokter spesialis, para lulusan baru mendapatkan berbagai wejangan yang disampaikan oleh jajaran pejabat yang hadir. Mewakili Direktur RSUD Soetomo, dr. Hendriyan berpesan agar lulusan dokter spesialis dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki, karena tenaga dan pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Saya ucapkan selamat atas keberhasilan anda. Ini bukan akhir, ini adalah momentum perubahan, momentum awal bagi perjuangan besar sebagai insan kesehatan,” ujarnya.

Sedangkan, Prof. Soetojo dalam sambutannya mengatakan, bahwa dokter spesialis yang baru saja dilantik, diharapkan siap membantu di daerah-daerah yang masih membutuhkan dokter spesialis dengan ikhlas.

“Karena anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, maka, bangsa kita akan mampu mengatasi masalah kesehatan secara tuntas,” serunya.

Selain itu, ia juga menghimbau pada dokter spesialis agar mempunyai Surat Izin Praktek dan Surat Tanda Registrasi. Pasalnya, hal tersebut sebagai salah satu tolak ukur standar kompetensi setiap lulusan kesehatan, dan sekaligus sebagai salah satu syarat untuk memasuki dunia kerja, penerimaan pegawai, hingga peningkatan karir.

Sebagai penutup, Wakil Rektor II UNAIR juga memberikan wejangan. Seraya mengucapkan selamat kepada para lulusan baru dokter spesialis, Madyan juga berharap agar para dokter spesialis yang baru dilantik mampu mengabdi di tengah-tengah masyarakat.

“Mengabdilah dengan rasa mantap, karena saudara tumbuh berkembang dari sebuah almamater yang bereputasi tinggi dan secara teguh memegang tradisi Excellence with Morality,” pungkasnya.(*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu