Mahasiswa Magister Keperawatan UNAIR ‘Sharing’ Ilmu untuk Perawat RSJ Menur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KAPRODI Magister FKp UNAIR Dr. Tintin Sukartini, SKp., M.Kes (tengah) bersama Kabid Keperawatan RSJ Menur, Adi Suwito, S.Kep., Ners., S.Psi., dan Dr. Hanik Endang Nihayati, S.Kep. Ns., M.Kep, penanggung jawab minat Jiwa Program Magister Keperawatan FKp UNAIR ketika pembukaan seminar di RSJ Menur. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS –  Mahasiswa program studi Magister Keperawatan minat jiwa Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga kembali melaksanakan pengabdian masyarakat, Selasa (20/12). Pengmas kali kedua ini dengan berbagi ilmu dalam bentuk Seminar Keperawatan untuk perawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, Surabaya. Pengmas sebelumnya dilaksanakan kepada perawat RS PHC Surabaya (24/11) lalu.

Seminar ini dibuka oleh Kabid Keperawatan RSJ Menur, Adi Suwito, S.Kep., Ners., S.Psi., yang juga dihadiri oleh Kepala Program Studi Magister Keperawatan FKp UNAIR, Dr. Tintin Sukartini, SKp., M.Kes. Dalam seminar bertema “Peran Perawat Jiwa pada Lansia untuk Hari Tua yang Sejahtera” ini tampil tiga mahasiswa program magister sebagai pembicara yaitu Rustafariningsih, S.Kep., Ners, Henry Wiyono, S.Kep., Ners., dan Sri Widyowati, S.Kep., Ners.

Kepala program studi Magister Keperawatan FKp UNAIR, Dr. Tintin Sukartini, SKp., M.Kes, dalam sambutannya memberikan apreasiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa S2 minat keperawatan jiwa ini. Pasalnya, dalam satu semester ini sudah dua kegiatan yang relatif besar berhasil dilaksanakan. Ketika di RS PHC mahasiswa melatih perawat disana untuk meningkatkan Caring Perawat Melalui Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Psikososial pada Penyakit Kronis di Rumah Sakit.

“Ini luar biasa. Padahal peminatnya hanya 19 orang mahasiswa, tetapi dalam satu semester ini sudah dua kegiatan seminar besar yang bisa dilaksanakan,” kata Dr. Tintin, dosen bidang medical bedah FKp UNAIR ini.

PERAWAT RSJ
PERAWAT RSJ Menur peserta seminar yang disampaikan mahasiswa minat Jiwa Program Magister Keperawatan UNAIR. (Foto: Bambang Bes)

Selaku Kaprodi Program Magister, Dr. Tintin berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti hanya karena suatu kewajiban sebagai mahasiswa yang harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi setelah lulus nanti hendaknya juga terus melaksanakan pengabdian untuk masyarakat di sekitarnya.

Sedangkan Kabid Keperawatan RSJ Menur, Adi Suwito, dalam sambutannya menyatakan terima kasih dengan sharing ilmu dalam seminar ini, sebab dengan acara ini setidaknya para perawat di instansinya ini dapat tambahan ilmu. Ini sangat berharga, katanya, sebab sebagian besar perawat di sini sudah tidak sekolah, dan hanya bekerja saja.

”Teman-teman ini memperoleh tambahan ilmu kalau ada seminar atau mengikuti seminar seperti sekarang ini, karena itu kami berterima kasih sekali kepada mahasiswa UNAIR yang berkontribusi turut menambah pengetahuan, skill, dan meng-update wawasan terkini sebagai bekal dalam bekerja teman-teman disini,” kata Adi Suwito. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu