Tingkatkan Kompetensi Melalui Kolaborasi Profesi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pemateri Misutarno saat memaparkan materi dengan interaksi dua arah (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan UNAIR menghelat seminar nasional bertajuk “Membangun Karakter Profesional Perawat, Melalui Pengembangan Kompetensi Profesi dan Interprofessional”, Minggu (17/12).

Bertempat di Aula Kahuripan hadir berbagai pembicara yang berasal dari praktisi maupun akademisi. Selain itu, seminar ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa UNAIR saja, melainkan berasal dari berbagai institusi pelayanan kesehatan, dan akademisi dari berbagai daerah, diantaranya Surabaya, Lumajang, Madiun, Jember, dan Medan.

Pemateri pertama, Dr. dr. Slamet Riyadi, dihadapan peserta menjelaskan bahwa hal penting yang perlu diketahui seorang perawat tidak hanya keilmuan saja, tapi seni menerapkan keilmuannya di tengah kehdiupan masyarakat.

“Ilmu yang kita ketahui dan kita pelajari harus diaplikasikan di masyarakat. Karya-karya mahasiswa dapat diaplikasikan dalam bentuk pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Menambahkan pernyataan pemateri pertama, selaku pemateri selanjutnya, Priyati memaparkan bahwa dalam tata kelola klinis atau Good Clinical Governance (GCG), pelayanan klinik merupakan core bisnis rumah sakit. Oleh karena itu, bagi Priyati pengembangan sistem pelayanan klinis melalui penerapan GCG bertujuan menjaga agar pelayanan kesehatan dapat terselenggara dengan baik.

“Semua harus berjalan berdasakan standar pelayanan yang tinggi serta dilakukan pada lingkungan kerja yang professional,” terangnya.

Berlanjut pada sesi kedua, pemateri selanjutnya yakni Misutarno dari RSUD Dr Soetomo. Ia menekankan bahwa pentingnya Patient Centered Care (PCC), yaitu pelayanan yang berorientasi pada pelayanan pasien.

“Mari tunjukkan kita sebagai perawat professional dan membuat asuhan keperawatan yang baik dengan memperhatikan diagnostic keperawatan sehingga timbul kepercayaan dokter dan terciptalah kolaborasi,” jelas Misutarno sembari menghimbau kepada seluruh peserta untuk menjadi perawat yang berkarakter. (*)

Penulis: Siti Umami
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu