Anggota UKM Penalaran UNAIR Sabet Juara Karya Tulis di Makassar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Universitas Airlangga yang meraih juara pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa di Universitas Hasanuddin. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tiga mahasiswa yang tergabung dalam anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran (UKM Penalaran) Universitas Airlangga berhasil menyabet juara I pada Lomba Karya Tulis Kemaritiman (LKTM) Tingkat Nasional tahun 2016 yang diadakan pihak Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin, Sabtu (10/12). Topik yang menjadi bahasan dalam kompetisi itu meliputi beberapa bidang yakni kelautan, pesisir, dan kajian umum kemaritiman.

Ketiga mahasiswa itu adalah Ditta Putri Kumalasari (Fakultas Sains dan Teknologi/2013), Maliya Izzatin (FST/2013) dan Ahmad Farid Ary (Fakultas Perikanan dan Kelautan/2012).

Dalam kompetisi tersebut, mereka mengusung makalah dengan judul “Semirefined Karaginan sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kota Tarakan, Kalimantan Utara”. Gagasan tersebut terinspirasi dari salah satu rekan mereka yang pernah mengusung bahasan tentang pemanfaatan rumput laut di daerah pesisir yang masih sederhana.

“Informasi itulah yang mendorong kami untuk mengupas masalah lebih dalam. Tantangan kemaritiman negara Indonesia sekarang ini salah satunya adalah kemiskinan dan rendahnya kualitas sumber daya manusia pesisir,” tutur Ditta.

“Setelah diadakan studi literatur, kami melihat bahwa harga karaginan di pasaran lebih tinggi dibanding rumput laut biasa. Diharapkan dari ide LKTM berupa program semirefined karaginan skala home industry ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir untuk mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia,” imbuh Ditta.

Kompetisi LKTM itu diikuti oleh tim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Jambi.

Melihat banyaknya peserta yang mengikuti lomba ini tak menciutkan nyali mereka untuk bisa menyajikan materi dengan penampilan terbaik. “Kita tidak berpikir untuk jadi yang terbaik, tapi kita lakukan yang terbaik,” tutur Ditta ketika ditanya niatnya dalam mengikuti lomba ini.

Dalam kompetisi bidang pesisir, juara II diraih oleh tim Unhas, juara III tim Universitas Sriwijaya, dan juara favorit tim Institut Pertanian Bogor. (*)

Penulis: Disih Sugianti
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu