Dosen UNLAM Djoni Sumardi Gozali, Wisudawan Terbaik S-3 FH UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PERJUANGAN Djoni Sumardi Gozali, dosen Unlam di Banjarmasin berbuah manis sebagai wisudawan terbaik S-3 Fakultas Hukum UNAIR. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Perjuangan Dr. Djoni Sumardi Gozali, SH., M.Hum “bolak-balik” antara Banjarmasin-Surabaya membuahkan hasil manis. Ia meraih predikat sebagai wisudawan terbaik jenjang S-3 Fakultas Hukum UNAIR, dengan raihan IPK 3,86. Padahal selain “wira-wiri” itu, ia juga harus membagi waktu antara mengajar dan berkuliah.

“Selama mengikuti kuliah S3 saya sering berada di Surabaya, tapi pada saat menyusun disertasi saya bolak-balik Banjarmasin-Surabaya, mengerjakan lebih banyak di Banjarmasin dan konsul di Surabaya. Disela waktu itu saya dapat mengajar di Banjarmasin,” ujarnya.

Djoni memulai sebagai tenaga pendidik sejak tahun 1986.  Hingga saat ini ia tercacat sebagai dosen tetap di Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarmasin. Kemudian tahun 1988 hingga sekarang Djoni juga tercacat sebagai dosen tidak tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam, Banjarmasin. Tahun 2000 hingga 2006 pernah diamanahi sebagai Kepala Bidang Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum UNLAM, dan dilanjutkan tahun 2006-2010 menjadi Kepala Bidang Pendidikan Program Reguler B Fakultas Hukum UNLAM Banjarmasin.

Djoni mengangkat topik disertasi mengenai asas kesepakatan dalam pengadaan tanah yang berjudul “Asas Kesepakatan dalam Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum”. Menurutnya, pemilihan topik itu karena melihat fenomena di masyarakat mengenai persoalan pengadaan tanah yang selalu menarik dan selalu menimbulkan persoalan hukum dan juga keadilan.

Atas bentuk pengabdiannya di dunia pendidikan, tahun 2010 Djoni pernah mendapat Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun dari Presiden RI. Di tahun 1996 Djoni juga pernah mendapat Penghargaan sebagai Kordinator Pelaksana Studi Lapangan (empirik) di Barjarmasin “Studi Diagnostik Perkembangan Hukum Indonesia” dari Kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dengan kantor Konsultan Hukum Ali Budiardjo, Nugroho, Reksodiputro dan Mochtar, Karuwin & Komar.

Saat ini kesibukan Djoni masih mengajar mahasiswa jenjang S-1 dan S-2 di Fakultas Hukum UNLAM di Banjarmasin. Setelah menyelesaikan program Doktoralnya ini, ia akan menyiapkan dirinya untuk jenjang jabatan fungsional, yaitu Guru Besar. “Tips untuk mahasiswa S-3 adalah sabar, karena semua ada waktunya, tidak bisa diperoleh secara instan,” pesanya. (*)

Penulis: Pradita Desianti
Editor: Faridah Hariani.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu