Pertama Kali, BEM UNAIR Adakan Isbat Nikah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kasubag Kesejahteraan DIRMAWA UNAIR M. Fauzi, S.E, Saat Meresmikan Pembukaan Isbat Nikah di Gedung Manajemen, Kampus C, Rabu (7/12)

UNAIR NEWS –Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNAIR bersama dengan Direktorat Mahasiswa (Dirmawa) menghelat kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas). Kali ini, Rabu (7/12), BEM UNAIR mengadakan Isbat Nikah bagi warga Kecamatan Mulyorejo, Surabaya.

Isbat Nikah ini merupakan sebuah kegiatan untuk menyempurnakan pernikahan yang masih belum resmi secara hukum negara (nikah siri). Sehingga Isbat Nikah hanya dilakukan kepada mereka yang menikah siri.

“Ini baru pertama kalinya kita mengadakan seperti ini. Karena sebelumnya belum ada acara seperti ini dari UNAIR,” ujar Fardhan, Menteri Pengmas BEM UNAIR. “Memang, hal seperti ini kelihatannya remeh. Tapi memiliki dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Fardhan mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan acara ini selama tiga bulan. Ia mengaku, butuh waktu lama untuk menginformasikan dan mencari pasangan yang memenuhi syarat dan berminat untuk disempurnakan pernikahannya.

“Selama tiga bulan itu, kita juga dibantu dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Mulyorejo untuk menginformasikan dan mencari pasangan,” jelasnya.“Hasilnya, sembilan pasangan berminat untuk mengikuti Isbat Nikah tersebut. Namun, hanya empat pasangan yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi dari Pengadilan Agama Surabaya,” imbuhnya.

Suasana Pembukaan Isbat Nikah Oleh BEM UNAIR dan DIRMAWA di Lobi Lantai 1 Gedung Rektorat, Rabu (7/12). (Foto : Dilan Salsabila)
Suasana Pembukaan Isbat Nikah Oleh BEM UNAIR dan DIRMAWA di Lobi Lantai 1 Gedung Rektorat, Rabu (7/12). (Foto : Dilan Salsabila)

Acara yang dihelat di Lobi Lantai 1 Gedung Manajemen, Kampus C tersebut diresmikan oleh Kasubag Kesejahteraan Direktorat Kemahasiswaan M. Fauzi, S.E. Setelah mengikuti acara pembukaan di Lobi, keempat pasangan tersebut mengikuti sidang isbat nikah di Pengadilan Agama Kota Surabaya yang bertempat di Jalan Ketintang. Setelah itu, pada Kamis (8/12), akan ada resepsi dari keempat pasangan yang bertempat di Kecamatan Mulyorejo.

“Besok (Kamis (8/12), red) jam satu siang akan diadakan resepsinya, di Kecamatan Mulyorejo,” jelas Fardhan.

Fardhan mengatakan, acara ini diharapkan dapat diadakan secara rutin, sebagai agenda tahunan BEM. Selain itu, ia juga mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, terlebih untuk memperluas daya jangkau Pengmas ini.

“Semoga apa yang sudah dikontribusikan oleh UNAIR ini bisa lancar. Ke depan, supaya lebih luas lagi jangkauannya, kalau bisa, juga ada dukungan dari pemerintah, jadi pihak yang ndukung acara ini lebih banyak lagi,” tandasnya. “dan semoga bisa diregenerasikan kepada kepengurusan selanjutnya,” imbuhnya mengakhiri.(*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor :Faridah Hari

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu