Hikmah dari Pelatihan Bahasa Inggris, Defi Lulus Terbaik Vokasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Defi Ika Suwandari, A.Md menjadi wisudawan terbaik prodi Teknik Kesehatan Gigi Fakultas Vokasi dengan IPK 3,74 (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Salah satu pengalaman menarik yang pernah dirasakan Defi Ika Suwandari, A.Md selama kuliah di Universitas Airlangga adalah ketika mengikuti pelatihan Bahasa Inggris di Pusat Bahasa. Pelatihan itu merupakan bagian dari kegiatan pengembangan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Selama pelatihan itu Defi dan peserta lain menerima materi tentang persiapan TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Lalu bersama mahasiswa UNAIR penerima Bidikmisi lainnya, ia diajak mempelajari tentang structure, listening, dan reading.

“Saat saya mengikuti training Bahasa Inggris itu, saya bertemu banyak teman dari jurusan lain di tiap semesternya. Saya merasa training ini sangat bermanfaat, mengingat sekarang saya bekerja di lingkungan yang sering bertemu dengan pasien asing,” tutur Defi.

Dari situlah, Defi menganggap pelatihan Bahasa Inggris itu banyak memberi manfaat terhadap pekerjaannya sekarang. Meski baru resmi diwisuda periode Desember 2016, alumnus prodi Teknik Kesehatan Gigi Fakultas Vokasi ini sudah bekerja sebagai laboran di salah satu laboratorium kesehatan gigi di Bali, selama sekitar tiga bulan.

“Saya dipercaya untuk bekerja di departemen keramik, dan beberapa kali melakukan tugas yang mengharuskan adanya interaksi langsung dengan pasien,” ujarnya.

Peraih IPK 3,74 ini mengaku seperti belajar dari nol karena faktanya kehidupan di lingkungan kerja sangat berbeda dengan proses belajar di kampus. Tapi Alhamdulillah karena selalu diberi kepercayaan dan tantangan, sehingga membuatnya lebih percaya diri.

Ketika prodi tersebut masih berada dalam manajemen Fakultas Kedokteran Gigi, ia bergabung dengan Unit Kegiatan Fakultas (UKF) Tari Saman. Sebagai penari, ia dan kawan-kawan UKF sudah pernah tampil di berbagai acara, baik di fakultas, universitas, bahkan sampai keluar kampus. Termasuk ke sejumlah seminar nasional dan beberapa event swasta lain.

Selain itu ia juga aktif dalam organisasi Himpunan Mahasiswa TKG dan pernah bergabung dalam sejumlah kepanitiaan di FKG. “Beberapa kali saya sempat aktif dalam beberapa kepanitiaan di FKG seperti PPKMB serta seminar. Memasuki semester III dan IV, saya mulai aktif di HIMA TKG dan sempat ikut dalam kegiatan program pengenalan mahasiswa baru Fakultas Vokasi,” cerita Defi.

Setelah tiga tahun kuliah di UNAIR, Defi merasa bangga bisa menjadi bagian dari keluarga alumni sivitas akademika. Baginya, ada banyak ilmu, wawasan, pengalaman baru, dan banyak bertemu dengan orang-orang hebat. Selain melanjutkan karirnya sebagai laboran, ia berharap dapat melanjutkan studi ke jenjang sarjana. (*)

Penulis: Defrina Sukma Satiti
Editor: Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu