Kuliah Sambil Dagang, Nisrina Firdaus Lulus Terbaik S-1 FEB UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Nisrina Firdausi untuk meraih gelar Sarjana Ekonomi Islam (S.EI) wisudawan terbaik periode Desember 2016 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,91. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sibuknya menjalani kuliah sambil berwirausaha sama sekali tidak menghalangi langkah Nisrina Firdausi untuk meraih gelar Sarjana Ekonomi Islam (S.EI). Bahkan, dara kelahiran Surabaya 10 Desember 1993 ini justru lulus sebagai yang terbaik atau jadi wisudawan terbaik periode Desember 2016. Ia memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,91.

”Ketika awal masuk kuliah, bapak waktu itu memasuki masa pensiun yang mengharuskan keluarga kami, mau tidak mau harus mempunyai penghasilan tambahan, jadi saya memutuskan untuk berjualan sambil kuliah,” kata Nisrina.

Selama kuliah, kesibukan belajar dan berwirausaha itu juga tidak mengganggu waktu perempuan penghobi traveling dan nonton ini untuk mengikuti beragam aktivitas yang bersifat kompetisi. Bersama timnya, Nisrina tercatat pernah menyabet Juara III  LKTEI (Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam) dalam Temu Ilmiah Regional Jawa Timur. Lalu Juara III LKTEI “Sehati KSEI Undip”, dan Juara III LKTEI Seventseas KSEI CIES Universitas Brawijaya.

Tidak hanya kompetisi, Nisrina juga tidak melupakan satu hal yang digandrungi mahasiswa, yakni berorganisasi. Selama kuliah, setidaknya ia pernah menjadi Anggota UKF (Unit Kegiatan Fakultas) AcSES (Divisi Islamic Business) dan MoSAIC (Divisi Kesejahteraan Umat), Bendahara Divisi Kewirausahaan MoSAIC FEB UNAIR, dan Sekretaris Divisi Islamic Business AcSES FEB UNAIR.

”Selain sibuk mengurusi hal-hal tersebut, waktu selebihnya saya gunakan untuk berdagang dengan membuka online shop khusus untuk pakaian muslim,” jelasnya.

Nisrina melakukan wirausaha semasa menjalani kuliah dengan tekun. Inilah yang membuat dirinya merampungkan skripsinya dengan mengambil objek penelitian yang tak jauh dari hal yang ia tekuni. Skripsi tersebut berjudul “Peran BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah) pada Lembaga ‘Aisyiyah Muhammadiyah Sidoarjo dalam Pemberdayaan Ekonomi Perspektif Maqashid Syariah”.

Disinggung alasannya mengambil objek penelitian tersebut, ia mengaku tertarik dengan dunia usaha dan memotivasinya untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, Nisrina mengaku bahwa sembari penelitian itu ia juga belajar banyak tentang kiat sukses menjalankan roda bisnis.

“Sebenarnya karena saya tertarik dengan dunia bisnis, saya ingin meneliti seputar tentang dunia usaha, paling tidak narasumber saya adalah seorang pengusaha. Selama penelitian saya bertemu dengan pengusaha-pengusaha wanita yang bisnisnya sudah luar biasa dan sembari melakukan penelitian, jadi saya diam-diam belajar tentang kiat-kiat sukses mereka,” kata Nisrina mengakhiri percakapan. (*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Faridah Hariyani

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu