Ilustrasi UNAIR NEWS
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Dinamika yang ada dalam negeri, salah satunya dinamika politik, akan menjadi tantangan yang akan dihadapi Indonesia di masa mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh perwakilan dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) Achmad Cholis Hamzah, yang turut serta dalam memberikan pemikirannya untuk masa depan pada diskusi bersama bertajuk Outlook 2017. Acara tersebut dihelat di Hotel Bumi Surabaya pada Kamis, (1/12) malam.

Cholis merasa, berbagai tantangan yang dihadapi sudah seharusnya mendapatkan perhatian dan persiapan yang lebih matang, agar bangsa Indonesia bisa memiliki daya saing yang kuat dan tumbuh menjadi negara yang mandiri.

Menurutnya, Indonesia harus mengoptimalkan sumber daya alam yang ada. Sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat. Cholis menganggap bahwa Indonesia sudah mampu untuk menggali potensi – potensi yang ada, hal inilah yang kemudian mampu menjadi sumber kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang merupakan alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun 1973 ini mengungkapkan betapa pentingnya Indonesia dalam memperhatikan perubahan politik di Amerika dan Eropa, agar bisa mengimbangi perkembangan pasar internasional.

“Kita harus memperhatikan geopolitik luar negeri, USA dan Eropa. Agar Indonesia mampu memasuki pagar internasional,” paparnya.

Indonesia memerlukan kesigapan dalam menganalisa pasar dan target target masa depan. Pasalnya, keterlambatan dalam menganalisa akan menyebabkan timbulnya uncertainty atau ketidakpastian.

Di akhir pemaparannya, Cholis juga menambahkan bahwa ia dan IKA UNAIR akan mendiskusikan gagasan – gagasan baru untuk berkontribusi dalam pembentukan rekomendasi kebijakan yang nantinya bisa digunakan oleh pemerintah.(*)

Penulis : Faridah Hari
Editor : Dilan Salsabila

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone