Kenalkan Khasiat Pengobatan Tradisional Melalui BOTM

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Demo Pijat di Kegiatan BOTM oleh Mahasiswa Prodi Battra di Gedung ACC, Minggu (27/11). (Foto: Faridah Hari)

UNAIR NEWS – Pertama kalinya, Program Studi Pengobat Tradisional (Battra) Fakultas Vokasi UNAIR mengadakan kegiatan Battra On The Move (BOTM) di Gedung Airlangga Convention Center (ACC), Minggu (27/11). Kegiatan ini diadakan sebagai persembahan hari jadi Prodi Battra yang ke-11. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi yoga bersama yang dimulai sejak pukul enam pagi dan dilanjutkan demo pijat. Selain itu, pengunjung yang hadir bisa merasakan pijat dan akupunktur yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Battra secara gratis.

Edith Frederika Puruhito, SKM., M.Sc, selaku Faculty Ambassador dari Fakultas Vokasi UNAIR mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada masyarakat mengenai Prodi Battra UNAIR. Ia juga menambahkan, masyarakat sekarang cenderung mengonsumsi makanan serba instan yang tak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, BOTM hadir untuk mengenalkan kembali pentingnya pola hidup sehat.

“Kita ingin mengupayakan healthy life style with natural way. Bisa dengan jamu, bisa dengan makan-makanan sehat,” jelasnya.

Menurut Edith, pengobatan tradisional tak kalah bagus dengan pengobatan konvensional. Indonesia sendiri memiliki minuman pengobatan tradisional yang terbuat dari tumbuh – tumbuhan yang dikenal dengan jamu. Jamu memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah penyakit.

“Tubuh itu kan punya imun. Imun dalam tubuh itu bisa kita tingkatkan dengan meminum jamu. Jamu juga bisa sebagai komplementer atau pelengkap dari pengobatan konvensional yang ada. Lebih awalnya sebagai pencegahan terhadap penyakit,“ tandasnya.

“Dari kegiatan ini kita bisa bagi ilmu, bagi kiat- kiat sehat dan juga ada konsultasi gratis,” imbuh Edith.

Rencananya, kegiatan BOTM akan diadakan setahun sekali sebagai bentuk pengabdian Prodi Battra kepada masyarakat. Ia juga berharap ke depan agar Prodi Battra tetap membuat Branding dengan kegiatan yang menyuarakan hidup sehat, guna meningkatkan kualitas hidup serta memperkenalkan manfaat dan khasiat pengobatan tradisional kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri pengunjung mulai dari anak – anak hingga orang tua. Ayu Mayasari salah satu terapis pengobatan akupunktur dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pengunjung yang hadir datang dengan berbagai keluhan penyakit. Di pengobatan akupunktur, pengunjung akan di terapi dengan  ditusuk jarum akupunktur di tempat yang dipercayai sebagai stimulus kinerja salah satu organ tubuh yang bermasalah. Pengobatan akupunktur sendiri merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok.

“Dalam tubuh manusia terdapat aliran energi Qi, jadi kalau ada penyakit atau keluhan yang muncul dari dalam tubuh mungkin ada yang terhambat dari aliran Qi-nya. Jarum akupunktur ini ditusukkan di titik penting di bagian tubuh untuk melancarkan Qi-nya,” jelas Ayu. (*)

Penulis : Faridah Hari
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu