Delegasi UNAIR di DPP HMPI Bertekad Memajukan Riset dan Program Aplikatif

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Andi Malanti (kiri, depan), Dimas Agung (dua dari kiri, depan), Djoko Soelistya (kanan, depan), dan Moch. Isa Anshori (dua dari kanan, belakang), siap mengharumkan nama UNAIR. Tampak, mereka berfoto bersama sejumlah pengurus DPP HMPI. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (HIMASEPA-UNAIR) mendapat undangan untuk hadir dalam acara Pelantikan dan Rapat Kerja Nasional Dewan Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (DPP HMPI). Kegiatan itu diselenggarakan di Aula Gedung D pengurus Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Senayan, Jakarta, pada tanggal 11 hingga 13 November lalu.

Event tersebut dihadiri oleh kurang lebih 200 orang perwakilan dari 60 Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta seantero nusantara. Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, yang sebelumnya bernama Forum Mahasiswa Pascasarjana (Forum WACANA) Indonesia, merupakan wadah yang menghimpun seluruh organisasi kemahasiswaan program Pascasarjana se-Indonesia.

Organisasi ini bertujuan untuk menjalin kerjasama aktif dan mengembangkan potensi organisasi kemahasiswaan melalui program Pascasarjana di seluruh Indonesia. Hal tersebut guna mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus memberikan sumbangan pemikiran serta berupaya memecahkan masalah aktual yang dihadapi bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR) mengirimkan delegasi mahasiswa yang merupakan pengurus harian HIMASEPA-UNAIR. Antara lain, Dimas Agung Trisliatanto, S.IIP. (S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia) selaku Ketua Umum HIMASEPA-UNAIR, Moch. Isa Anshori, SE., M.Si., (S3 Pengembangan Sumber Daya Manusia) selaku Ketua II HIMASEPA-UNAIR, Dr. Djoko Soelistya, Ir., MM., (S3 Pengembangan Sumber Daya Manusia) selaku Koordinator Bidang Humas, dan Andi Malanti K. Paerah, S.IP., M.Si (S3 Pengembangan Sumber Daya Manusia) selaku Koordinator Bidang Umum.

Disaksikan oleh jajaran dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi,  jajaran dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga, jajaran dari Kementerian Hukum dan HAM, dan beberapa pejabat dari Kesekretariatan Jenderal DPR/MPR RI serta jajaran anggota DPR RI. Dewan Pengurus Pusat dan Koordinator Wilayah Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia periode 2016-2018 secara resmi dilantik pada tanggal 11 November oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Ak, Ph.D, CA.

Rapat Kerja Nasional DPP HMPI dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2016 di Hotel Bintang Raya, Cipanas-Bogor, Jawa Barat. Kegiatan tersebut didahului dengan permainan outbond yang menyenangkan untuk menyatukan seluruh anggota DPP HMPI pada pagi hari. Kemudian siang harinya,  dilanjut dengan Rapat Struktural Organisasi hingga sore hari guna membentuk struktur organisasi dan menempatkan orang-orang yang kompeten di bidangnya. Sehingga, terpilihlah delegasi mahasiswa Sekolah Pascasarjana UNAIR di posisi organisasi yang strategis baik secara struktural maupun fungsional.

Dr. Djoko Soelistya, Ir. MM, menjabat sebagai Ketua Bidang Koperasi dan UMKM dibantu oleh Moch. Isa Anshori, SE., M.Si, selaku Sekretaris Bidang Koperasi dan UMKM. Sedangkan Dimas Agung Trisliatanto, S.IIP, menjabat sebagai Koordinator Wilayah VI Jawa Timur dan dibantu oleh Andi Malanti K. Paerah, S.IP., M.Si, selaku Sekretaris Koordinator Wilayah VI Jawa Timur.

Pada malam hari hingga dini hari, diadakan Rapat Komisi penentuan program kerja setiap bidang. Dan di hari terakhir, diadakan Rapat Pleno untuk fiksasi semua rapat yang dilakukan agar terorganisir dengan baik.

“Semoga kami selaku delegasi mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga yang telah dilantik, mampu mengemban amanah dan melaksanakan kewajiban sesuai tanggung jawab yang diberikan kepada kami. Sebagai kaum akademik, kami ingin membantu memperkuat hasil analisis riset dari berbagai sektor yang ada di Indonesia dan senantiasa mengharumkan nama almamater Universitas Airlangga tercinta,” kata Dimas Agung Trisliatanto, salah satu delegasi dari UNAIR. (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu