Ilustrasi
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Bekerja merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Melalui bekerja, manusia bisa mendapatkan hasil jerih payah berupah upah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, bekerja tidak hanya memenuhi kepuasan duniawi melainkan juga bekal hidup di akhirat. Hal itulah yang disampaikan dalam pengajian rutin sivitas akademika Universitas Airlangga pada Rabu (23/11).

Pengajian yang digelar di Ruang Adi Sukadana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR kali ini, disampaikan oleh ustaz Prof.Dr. Abdullah Shahab, M.Sc. Dalam ceramahnya, ustaz Abdullah Shahab menyampaikan bahwa setiap manusia harus memiliki tujuan hidup.

“Tujuan hidup kita tak lain harus mencari Ridho Allah SWT. Maka dari itu kita bekerja tujuannya untuk mencari Ridho dari Allah SWT,” jelas Guru Besar ITS tersebut.

Ustaz Abdullah Shahab juga menyampaikan bahwa bekerja merupakan perintah Allah SWT. Dalam hal ini manusia diharuskan melakukan sebuah pekerjaan untuk mencari RidhoNya. “Memang sulit untuk bekerja dengan niat mencari Ridho Allah SWT. hampir sepenuhnya hati kita digelayuti oleh hal-hal yang berbau duniawi,” paparnya.

Uztaz Abdullah Sahab juga menambahkan bahwa bekerja secara ikhlas dengan mencari RidhoNya, maka dapat dipastikan dapat membawa kepuasaan bagi setiap diri manusia. “Kalau kita bekerja secara ikhlas mencari RidhoNya, kita bisa punya teman baik, kita bisa punya investasi untuk akhirat, dijauhkan dari sifat marah, dengki dan fitnah,” tambahnya.

Tidak hanya itu, ustaz Abdullah Shahab dalam ceramahnya juga mengatakan, sebagai manusia harus memiliki manfaat bagi orang lain. Bekerja pun demikian, dengan bekerja diharapkan bisa meberikan kontribusi manfaat bagi sesama. (*)

Penulis : Faridah Hari
Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone