Kampus India Belajar Strategi Bisnis di Magister Manajemen FEB

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para mahasiswa asal India tampak antusias saat city tour ke House of Sampoerna (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Reputasi Universitas Airlangga (UNAIR) di level internasional tidak diragukan lagi. Salah satu buktinya, pada Senin (21/11) hingga Jumat (25/11), sebanyak dua belas mahasiswa dan seorang dosen dari Doon Business School (DBS) India berkunjung ke Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Tujuan mereka adalah melakukan pengayaan di bidang strategi dan manajemen bisnis lintas perspektif budaya.

Kaprodi MM FEB Dr. Gancar Chandra Premananto SE, MSi., mengungkapkan, program ini bertajuk International Class Program Strategic Journey. Kali ini,  pihaknya sudah menyiapkan program khusus bagi para pelajar asing tersebut. Ini juga merupakan  program internasional perdana yang secara spesifik membahas tentang Manajemen Strategi. Kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan penuh fakultas, Direktorat Pendidikan, dan International Office and Partnership (IOP).

Harapannya,  program dengan DBS ini menjadi embrio untuk ditawarkan kepada sekolah bisnis lain dari luar negeri. “Semoga semakin banyak mahasiswa ilmu bisnis asing yang datang ke MM FEB. Dengan demikian, reputasi internasional bisa makin tinggi. Terutama, dengan telah diakuinya MM oleh lembaga akreditasi internasional ABEST21,” kata Gancar.

Selain mendapat kuliah umum dari para pakar dari UNAIR, mahasiswa dan mahasiswi India itu juga melaksanakan city tour yang edukatif di sejumlah tempat. Antara lain, ke House of Sampoerna, Petrokimia Gresik, sentra belajar membatik Jemursari, Kenjeran, dan lain sebagainya. Pada hari terakhir, mereka diminta untuk melakukan presentasi kasus dan menikmati pertunjukkan seni.

Sementara itu, Navajyoti Singh Negi, PhD, dosen pendamping rombongan dari DBS mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan riset mendalam sebelum memilih UNAIR sebagai tujuan belajar. “Kami melihat UNAIR memiliki karakter dan potensi yang besar di bidang pengembangan ilmu manajemen strategi. Yang berkaitan dengan khazanah kebudayaan Indonesia,” kata dia saat ditemui Rabu pagi (23/11) di House of Sampoerna.

Salah satu mahasiswa dari DBS bernama Sameer Chhetry mengapresiasi semua rangkaian kegiatan yang sudah ditata pihak MM FEB. “Kami bisa menerima banyak gambaran tentang bisnis dan manajemen strategi dengan baik,” urai dia.

Sehari sebelumnya, atau pada Selasa (22/11), para mahasiswa India dan mahasiswa FEB UNAIR mengikuti sesi kuliah umum. Secara berurutan, pematerinya adalah Prof. Bambang Tjahyadi, menyampaikan tentang “Strategic Thinking for Non Profit Organization”, disambung oleh Dr. Gancar C. Premananto tentang “5 C’s in the mind of Strategist”.

Juga, materi ” Strategy for Change Managemen” dari Dian Ekowati, PhD dan “Big Data Analysis for Strategic Purpose” oleh Dr. Ing. Hendro Wicaksono. Dari India, Navajyoti Singh Negi, PhD, menutup dengan “Cross Cultural in Strategy Setting”. (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu